Trik agar talenan tidak licin dan bergeser saat memotong makanan

Trik agar talenan tidak licin dan bergeser saat memotong makanan
foto: TikTok/@leyosatria_

Brilio.net - Digunakan sebagai alas untuk memotong berbagai bahan makanan, talenan jadi salah satu peralatan masak yang wajib ada di dapur. Tanpa benda tersebut, tentunya akan menyulitkan kamu untuk memotong bahan-bahan masakan. Talenan sendiri memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan jenis bahannya. Ada talenan kayu, plastik, bambu, silikon, dan lainnya.

Sebenarnya memanfaatkan talenan ini tidak bisa sembarangan. Kamu harus menyesuaikan talenan dengan bahan makanan yang akan dipotong di atasnya. Jika tidak, bahan makanan yang akan kamu olah malah tercemar bakteri. Contohnya, talenan yang biasa digunakan untuk memotong daging, tidak digunakan untuk memotong sayuran.

Saat menggunakan talenan, tak sedikit yang mengalami talenan jadi licin, slip, atau mudah bergeser saat dipakai untuk memotong bahan masakan. Biasanya hal tersebut sering terjadi saat talenan digunakan di atas meja. Tentu hal itu sangat membahayakan.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada trik yang bisa kamu terapkan. Seorang pengguna TikTok bernama Leo punya trik untuk mengatasi talenan agar tidak licin dan bergerak saat digunakan. Caranya terbilang cukup mudah dan simpel.

Trik agar talenan tidak licin dan bergeser saat memotong makanan

foto: TikTok/@leyosatria_

Dilansir BrilioFood pada Rabu (21/9) dari TikTok/@leyosatria_,
pastikan talenan diletakkan pada permukaan yang rata dan tidak miring. Hal ini akan memudahkan saat memotong bahan makanan nantinya. Setelah itu, ambil tisu dapur basah atau kain lap basah. Sesuaikan ukurannya dengan talenan yang kamu miliki.

Trik agar talenan tidak licin dan bergeser saat memotong makanan

foto: TikTok/@leyosatria_

Letakkan tisu basah atau kain lap basah di bagian bawah talenan. Trik tersebut pun membuat talenan yang tadinya licin dan bergerak akan menjadi menempel dengan alas secara sempurna. Hal itu akan mempermudah sekaligus membuat proses masak menjadi jauh lebih aman.

Video yang sudah diputar ratusan ribu kali dan mendapat ribuan likes tersebut pun menuai beragam tanggapan dari warganet. Banyak warganet yang mengaku merasa terbantu dengan adanya trik tersebut. Ada juga yang memberikan triknya untuk membuat talenan tidak goyang.

@leyosatria_ Reply to @ordinaryrs Back to basics #howto #basiccooking #samasamabelajar #samasamadirumah #masakdirumah Listen - Official Sound Studio

"Bener banget! Di kelas jg diajarin gini pas awal2 masuk," tulis akun TikTok/@zahras.

"Nice tips," ujar akun TikTok/@better.me.id.

"Kain lap biasa bisa kan ya," ujar akun TikTok/@The cat lady.

"Biasa aku ngiket karet di talenannya, jd g goyang," ujar akun TikTok/@Annie.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya