Trik ampuh hilangkan rasa pahit pada sayur genjer, nggak pakai ribet

Trik ampuh hilangkan rasa pahit pada sayur genjer, nggak pakai ribet
foto: TikTok/@kreasidapursih

Brilio.net - Sayur genjer merupakan sejenis tumbuhan rawa yang banyak dijumpai di sawah atau perairan dangkal. Walau mirip dengan eceng gondok, namun sayur genjer lebih banyak dibudidayakan. Hal ini karena sayur genjer biasa diolah jadi menu tumisan atau ditongseng.

Selain itu, sayur genjer juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi. Daun genjer memiliki serat, protein, asam amino, dan karbohidrat di dalamnya. Vitamin B1 nya juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Tak heran jika sayur genjer ini juga jadi incaran menu makan sehat.

Namun untuk mendapat manfaat tersebut, kamu perlu mengolah sayur genjer dengan benar. Pasalnya, sayur genjer memiliki rasa pahit yang membuat tidak enak saat disantap. Penting untuk mengetahui cara mengolah sayur genjer sebelum dimasak bersama bumbu-bumbu.

Jika masih bingung menghilangkan rasa pahit pada sayur genjer, ada trik mudah untuk yang bisa kamu tiru. Seorang pengguna TikTok dengan akun bernama @kreasidapursih, mengunggah sebuah vidoe yang menunjukkan cara memasak genjer agar tidak pahit tanpa harus direbus terlebih dahulu.

Trik ampuh hilangkan rasa pahit pada sayur genjer, nggak pakai ribet

foto: TikTok/@kreasidapursih

Dalam video yang dilansir BrilioFood dari TikTok/@kreasidapursih pada Rabu (6/7) tersebut, bahan yang perlu disediakan hanya garam. Pemilik akun tersebut memperlihatkan setiap langkah memasak sayur genjer yang tepat. Pertama-tama, potong sayur genjer dengan ukuran yang kecil.

Setelah itu, taburi dengan garam secukupnya. Remas-remas sayur genjer dengan tangan hingga garam merata dan sayur mengeluarkan air. Cara ini bertujuan untuk menghilangkan rasa pahit dan membuat sayur genjer jadi layu tanpa melewati proses rebus.

Trik ampuh hilangkan rasa pahit pada sayur genjer, nggak pakai ribet

foto: TikTok/@kreasidapursih

Setelah garam sudah merata, kemudian peras sayur genjer dan cuci sampai bersih. Sebelum diolah bersama bumbu dan bahan lain, pastikan air sayur genjer sudah diperas juga untuk membuatnya benar-benar bersih dan mudah diolah nantinya.

Dalam video yang telah ditonton 70 ribu kali tersebut, sayur genjer kemudian diolah menjadi menu tumis dengan menggunakan bumbu-bumbu dapur sederhana, seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan terasi.

Trik ampuh hilangkan rasa pahit pada sayur genjer, nggak pakai ribet

foto: TikTok/@kreasidapursih

Cara tersebut cukup ampuh membuat sayur genjer tetap dalam kondisi segar saat dimasak. Sehingga tidak hanya hemat waktu, cara mengolah genjer ini juga dapat mempertahankan nutrisi pada sayur genjer. Bonusnya, rasa pahit dalam sayur genjer juga lebih memudar.

Kamu pun bisa mengolah sayur genjer menjadi aneka menu masakan lezat yang cocok disantap bersama nasi putih hangat. Video yang dibagikan lebih dari ratusan pengguna TikTok ini pun turut mendapat anggapan warganet. Beberapa di antaranya merasa terbantu dengan trik masak gencer tersebut.

"Nambah resep baru lagi, biasa kalau masak genjer di pecel aja," tulis TikTok/@shiva_sakha dalam kolom komentar.

"Makasihh infonya," ungkap akun TikTok/@kylierubyjane.

"Pengeeen," ujar akun TikTok/@euissurya5.

@sihwidarti Masak Genjer Yukk #tipsmakanan101 #BetterOnSero #fypindonesia #kreasidapurasih #foodie #tipsmasak #recipe #fyp #yummy #enak #masakgenjer #tiktok Low Low Low - Rifki07

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya