Trik bikin kue talam pakai singkong kukus agar tetap gurih, lembut, dan antigagal ala Chef Axhiang

Trik bikin kue talam pakai singkong kukus agar tetap gurih, lembut, dan antigagal ala Chef Axhiang
Cuma butuh satu bahan |

Perlu disiapkan bahan dan alatnya. Bahan yang kamu butuhkan adalah singkong kukus yang sudah dihaluskan, tepung beras, tepung tapioka, 100 ml santan, susu, dan minyak kelapa. Lalu untuk lapisan atasnya kamu hanya cukup menyiapkan santan, susu, tepung tapioka dan tepung beras, air, dan garam. Sementara untuk alat yang dibutuhkan mencakup kukusan, cawan atau mangkuk kecil, baskom, dan centong sayur.

Cara membuatnya cukup mudah. Pertama, kamu campurkan semua bahan seperti singkong, tepung beras, tepung tapioka, santan, susu, dan sedikit minyak kelapa ke dalam baskom. Aduk semua bahan sampai rata dan adonan halus.

Nah, trik yang dibagikan Chef Axhiang agar kue talam tetap berhasil dibuat ialah mencampurkan semua adonan dengan satu butir telur.

"Kalau singkongnya masih mentah, tidak usah ditambahkan telur. Namun jika singkongnya sudah telanjur dimasak, kamu bisa menambahkan telur ke dalam adonan yang fungsinya mengikat adonan atau sebagai pengganti zat pati yang sudah hilang karena singkongnya sudah dimasak sebelumnya," jelas Chef Axhiang.

Setelah semua bahan tercampur, siapkan cawan yang sudah diolesi sedikit minyak. Fungsinya agar adonan tidak lengket saat nanti akan dikeluarkan. Kemudian masukkan adonan ke dalam cawan atau mangkuk kecil, tapi jangan terlalu penuh karena untuk ruang adonan lapisan atas. Lakukan sampai semua adonan habis. Usahakan setelah menuangkan adonan ke cawan, langsung masukkan ke dalam kukusan agar adonan tidak turun. Setelah dimasukkan semua adonan ke dalam kukusan, tutup kukusan menggunakan kain agar uap air tidak turun. Kukus adonan selama 15 menit.

Sambil menunggu adonan utama matang, siapkan semua bahan untuk lapisan atas. Masukkan santan, susu, dan garam ke wadah. Bersamaan itu, larutkan tepung tapioka dan tepung beras menggunakan susu. Aduk sampai tercampur rata dan halus. Selanjutnya, tuang larutan tepung ke dalam wadah yang berisi santan, susu, dan garam. Aduk semuanya. Jika adonan terlalu kental, bisa tambahkan sedikit air. Jangan lupa koreksi rasa.

Jika adonan utama dalam kukusan sudah matang, tuangkan adonan putih ke atas cawan. Ratakan agar permukaan atas adonan utama tertutupi oleh adonan putih. Lakukan sampai semua adonan tertutupi. Kemudian kukus lagi sekitar 5 menit saja.

Usai itu, angkat semua cawan. Kamu bisa menambahkan gula aren sisir atau daun pandan untuk mempercantik kue talam. Diamkan sebentar lalu kue talam ala Chef Axhiang siap disajikan. Perpaduan rasa manis dan gurih kue talam ini sangat lezat dan cocok disantap sebagai menu penutup makanan atau dessert. Ingin segera mencoba masak sendiri di rumah?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya