Trik bikin minyak bawang putih antipahit, wangi dan praktis

Trik bikin minyak bawang putih antipahit, wangi dan praktis
TikTok/@makcooking

Brilio.net - Penggemar masakan dengan cita rasa gurih, tampaknya sudah nggak asing dengan minyak bawang putih. Bahan makanan satu ini sering dianggap sebagai kunci utama berbagai masakan biar rasanya lebih gurih, wangi, dan enak. Minyak bawang putih biasa dipakai untuk hidangan bubur, sayur berkuah, bakso, bakmi, dan lain-lain.

Memang bisa menambah rasa nikmat pada masakan, tapi sebaiknya konsumsi minyak bawang putih dilakukan secukupnya saja. Sebab, dilansir dari healthline.com, minyak bawang putih yang dikonsumsi berlebih bisa bikin aromanya sulit hilang di mulut, permasalahan pencernaan, serta muncul gejala asam lambung.

Tetapi, dilansir dari finedininglovers.com, minyak bawang putih juga punya khasiat untuk kesehatan, lho. Bawang putih, meski sudah dimasak, tetap bisa meningkatkan imunitas dan membantu melawan stres oksidatif. Jadi konsumsi sewajarnya saja, ya.

Minyak bawang putih ini juga dapat diolah di rumah, lho. Bahan yang dibutuhkan pun hanya dua, yakni bawang putih dan minyak. Penggunaan minyak sendiri menyesuaikan selera, baik minyak sayur maupun jenis lain yang dianggap lebih sehat.

Namun, dalam mengolah minyak bawang putih ini nggak bisa sembarang digoreng, nih. Jika tak diperhatikan dengan baik, bisa-bisa hasilnya jadi pahit dan aromanya kurang nikmat. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan cara penyimpanan minyak bawang putih biar teksturnya tetap renyah dan aromanya tidak berubah.

Salah seorang konten kreator seputar kuliner di TikTok punya cara mudah membuat minyak bawang putih ini, lho. Ia menyebut dirinya Makcooking. Menurutnya, aneka masakan, terutama yang berkuah bisa jadi lebih sedap jika ditambah minyak bawang putih.

"cara membuat minyak bawang putih. menu berkuah jd tambah sedep," tulisnya di TikTok/@makcooking, dilansir BrilioFood pada Rabu (14/9).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya