Trik simpel masak sayur santan agar tahan lama dan tak mudah basi

Trik simpel masak sayur santan agar tahan lama dan tak mudah basi
TikTok/@hasnamaranas

Brilio.net - Ada begitu banyak masakan yang terkenal akan cita rasa nikmat dan menggugah selera. Salah satu alasannya karena beragam hidangan ini diolah dengan aneka bumbu rempah tradisional. Misalnya, masakan yang diolah dengan santan. Rasa dan aroma masakan ini identik lebih gurih, wangi, serta menggoda.

Tak cuma lezat, santan juga mengandung gizi dan nutrisi. Dilansir dari healthline.com, santan kaya akan vitamin C, asam folat, mineral, magnesium, dan fosfor. Kandungan yang ada di dalamnya membuat santan dapat melawan virus dan bakteri, mengurangi tukak lambung, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meskipun mengandung berbagai gizi dan nutrisi, namun kamu juga harus memperhatikan batasan porsi saat mengonsumsinya, ya. Karena jika mengonsumsi santan secara berlebihan, bisa mengakibatkan diare, sembelit, dan juga meningkatkan risiko penyakit stroke. Namun, selama masih dalam porsi wajar, kamu bisa mengolah santan menjadi hidangan yang nikmat.

Namun sangat disayangkan pula, biasanya sayur kuah santan tidak bisa bertahan lama dan cepat basi. Padahal biasanya olahan sayur kuah santan sengaja dibuat dalam porsi banyak. Meskipun bisa dihangatkan kembali, namun biasanya cita rasanya sudah berubah. Hal ini yang membuat kebanyakan orang berpikir dua kali saat akan mengolah sayur pakai kuah santan.

Namun, kamu tak perlu khawatir karena pemilik akun TikTok/@hasnamaranas tak pelit berbagi ilmu soal mengolah hidangan bersantan. Tentunya supaya hidangan tersebut jadi makin tahan lama dan tidak cepat basi.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya