Trik jitu mengangkat kerak nasi di panci rice cooker agar tidak tergores

Trik jitu mengangkat kerak nasi di panci rice cooker agar tidak tergores
TikTok/@nadhirazan

Brilio.net - Nasi dikenal sebagai sumber karbohidrat sehat. Tetapi memang dianjurkan untuk mengatur porsi makan nasi agar tidak berlebihan, terutama jika mengonsumsi nasi putih. Dilansir dari healthline.com, nasi putih mempunyai kadar glikemik indeks yang tinggi, sehingga bisa mengganggu fungsi gula darah dalam tubuh. Selain itu, risikonya juga bisa menyebabkan penyakit diabetes tipe 2. Alternatifnya, kamu bisa memilih jenis nasi lain, misalnya nasi merah maupun cokelat.

Nasi sendiri bisa dimasak dengan berbagai cara, tetapi yang paling praktis adalah pakai rice cookeratau magic jar. Tinggal klik, alat tersebut bisa otomatis menanak nasi tanpa harus ditunggu dan diaduk. Hasilnya juga pulen, namun kembali lagi pada kualitas rice cooker masing-masing.

Memang praktis, tetapi memasak nasi menggunakan rice cooker juga memiliki kendala tersendiri, yakni saat mencuci pancinya. Nasi biasanya mengering dan menempel kuat di bagian dalam panci, kemudian akan sangat sulit dibersihkan. Alhasil, tak jarang orang-orang harus merendamnya berjam-jam terlebih dahulu sebelum panci dapat dibersihkan. Panci rice cooker ini pun tidak bisa dibersihkan secara paksa, sebab bisa berisiko tergores dan rusak.

Rupanya, ada trik membersihkan panci rice cooker dari kerak nasi, lho. Trik ini dibagikan oleh warganet asal Malaysia bernama Nadhira lewat sebuah unggahan di TikTok.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya