Trik makan nasi Padang saat diet, lebih bernutrisi dan rendah kalori

Trik makan nasi Padang saat diet, lebih bernutrisi dan rendah kalori
Bumbu nasi Padang justru paling berkontribusi pada peningkatan kalori. |

Trik makan nasi Padang saat diet, lebih bernutrisi dan rendah kalori

foto: TikTok/@sundayaromatics

Saat hendak membeli nasi Padang, sebaiknya mintalah setengah porsi nasi. Kamu juga bisa menggunakan nasi yang dimasak sendiri di rumah, sehingga porsinya pun lebih terkontrol. Dalam video yang dibagikan Shavira, dia menekankan untuk hanya mengonsumsi 150 gram nasi putih plain tanpa siraman bumbu apapun. Menurutnya, bumbu nasi Padang justru paling berkontribusi pada peningkatan kalori.

"Karena sekali disiram bumbu, itu sudah kontribusi kalori yang luar biasa," kata Shavira.

Namun jika kamu ingin menyantap bumbunya, cukup tambahkan 1-2 sdm bumbunya untuk satu porsi nasi. Penambahan bumbu ini bisa membuat rasa nasi Padang tetap enak, namun rendah lemak dan aman saat defisit kalori. Sehingga diet yang kamu lakukan pun tetap terkontrol.

Trik makan nasi Padang saat diet, lebih bernutrisi dan rendah kalori

foto: TikTok/@sundayaromatics

Sedangkan untuk lauk, kamu bisa memilih 1-2 jenis protein, seperti ayam. Tapi perlu diperhatikan untuk memilih ayam yang dimasak dengan cara yang sehat seperti ayam bakar, ayam gulai (minim kuah), dan ayam yang lebih banyak dagingnya (bukan kulitnya).

Cara memilih lauk ini juga bisa diterapkan untuk lauk lain seperti telur atau rendang. Sebaiknya pilih lauk berbumbu daripada yang digoreng. Karena menurut Shavira, lauk yang goreng notabene sudah mengandung banyak sekali kalorinya.

"Dengan bumbu atau kuah yang limit karena itu tetap lebih rendah (kalorinya) daripada telur dadar (lauk goreng) yang memang sudah banyak banget minyaknya," kata Shavira.

Trik makan nasi Padang saat diet, lebih bernutrisi dan rendah kalori

foto: TikTok/@sundayaromatics

Lebih lanjut, Shavira menekankan untuk fokus ke protein, sayur, dan karbohidrat yang dikonsumsi. Dia menekankan untuk menghindari jenis makanan lain seperti kerupuk kulit. Kerupuk kulit ini biasanya mengandung kalori yang tinggi karena digoreng dalam minyak yang banyak.

@sundayaromatics Replying to @desjanfebmarapr enak bgt mamanya jualan nasi padang semoga ini membantu! #tiktokindonesia #tiktoksehat #kaloridefisit #defisitkalori #fitnessindonesia #tipsdiet #tipsdietsehat #dietsehat #tipsdefkal #bali #baliindonesia #indonesia #minivlogbali #minivlogindonesia #fyp #fyp Made You Look - Meghan Trainor

Video trik makan nasi Padang saat diet ini sontak membuat warganet tertarik. Tak heran jika kemudian video tersebut sudah ditonton lebih dari 1,3 juta kali dan mendapat ratusan komentar. Ada banyak warganet yang rupanya telah menerapkan cara serupa dalam menjaga defisit kalori.

"Benerrr bgt kmrin aku diet klo lg pengen nasi padang ttp beli tp nasinya setengah aja tp masih ttp pake kuahnya soalnya klo ngga pke kuah kek kurang," ungkap TikTok/irmakusumaaaa.

"Atau ayamnya ayam pop aja," sahut TikTok/@warmpretzel.

"Suka bgt sm penjelasannya," papar TikTok/@nrshpti.

"Persis kyk menuku klo makan nasi padang kak.. versi murahnya beli lauknya aja nasi masak sendiri + rebus telur sendiri," tulis TikTok/@binunanaa.

"Aku jg sekarang makan nasi padang nasinya setengah n ga pake kuah karena lg ngurangin santan. tp itu kenyang ampe malam looh," ujar TikTok/@ayaratama.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya