Trik masak bumbu urap agar tidak menggumpal dan basi, awet selama 1 bulan

Trik masak bumbu urap agar tidak menggumpal dan basi, awet selama 1 bulan
Pedasnya Disesuaikan Selera~ |

Dewitrias menjelaskan, saat menghaluskan semua bumbu, sebaiknya gunakan air sedikit saja. Dengan begitu, proses memasak nantinya nggak terlalu memakan banyak waktu karena urap harus dimasak sampai kadar airnya berkurang. Setelah bumbu selesai dihaluskan, langsung dicampurkan dengan kelapa parut di atas wajan.

Trik masak bumbu urap agar tidak menggumpal dan basi, awet selama 1 bulan

foto: YouTube/Dewitrias

Proses memasak bumbu urap pertama kali harus menggunakan api sedang terlebih dahulu. Masak sambil terus diaduk agar bumbunya merata dan tidak ada yang menggumpal. Kalau sudah merata, di proses ini bisa koreksi rasa, dan menambahkan bumbu lain jika dirasa kurang manis atau gurih. Aduk terus sampai merata, proses memasak yang pertama ini memakan waktu sekitar 15 menit.

Trik masak bumbu urap agar tidak menggumpal dan basi, awet selama 1 bulan

foto: YouTube/Dewitrias

Setelah itu, kecilkan api dan sangrai kembali bumbu urap selama 15 menit. Tapi, cara mengaduknya kali ini harus diperhatikan untuk membantu mengurangi kadar air di dalamnya. Caranya dengan menekan-nekan urap sambil spatulanya diputar-putar. Wajannya juga bisa digerak-gerakkan biar panasnya merata dan urap tidak lengket di bagian tengah wajan.

Trik masak bumbu urap agar tidak menggumpal dan basi, awet selama 1 bulan

foto: YouTube/Dewitrias

Kalau dirasa kadar air sudah hilang, bisa matikan api kompor. Jangan langsung diangkat, ya. Sebaiknya sebar dulu bumbu urap di atas wajan. Fungsinya agar tidak ada uap yang terperangkap di dalam. Nantinya, saat sudah mulai dingin, bumbu urap bisa disajikan atau disimpan di wadah tertutup.

Lama simpan bumbu urap ini bisa hingga empat hari di suhu ruang. Berbeda jika di kulkas, urap bisa tahan selama satu bulan tanpa berubah rasa dan aroma. Gimana, trik masak bumbu urap ini bermanfaat banget kan untuk dipraktikkan? Dengan begitu, kamu bisa menyimpan stok bumbu urap dalam jumlah banyak di rumah tanpa takut basi.

Unggahan seputar bumbu urap milik Dewitrias ini juga mendapat banyak antusias warganet, lho. Banyak dari mereka yang menuliskan berbagai ujaran di kolom komentar.

"Biar g gampang gosong wajannya pake teplon aja bunda/panci teplon, sy udah coba resep bunda rasanya memang enakkk, trms resepnya bunda," kata YouTube/syamsiah Aja.

"dari tiga resep yg saya tonton sblmnya ini yg paling enak kayaknya karena ada asam jawa dan daun jeruk. makasi mba," ujar YouTube/Sophie _.

"Wah... terimakasih bun ini sangat bermanfaat saya mau coba buat kemudian packing dengan plastik titip ke lapak pagi...
adakah tips trik untuk sayur rebunya agar tidak cepat basi bun?" tanya YouTube/Eni's Kitchen.

"Pas kelapa nya di wajan itu api kompor sdh nyala blm bun..? Ato kelapa nya disangrai dl kemudian dimasukkan bumbu lalu disangrai bersama bumbu..? Ato kelapa dan bumbu dicampur setelah itu kompor dinyalakan utk disangrai bersama..?" tulis YouTube/Puji Wahyu Nugrahani.

"Jelas banget mba penjelasan nya... sepertinya beneran bisa tahan lama ya...," imbuh YouTube/Snpt Wrng.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya