Trik masak sarden agar tetap segar seharian dan tidak bau amis

Trik masak sarden agar tetap segar seharian dan tidak bau amis
Bahan rempah yang bisa menghilangkan bau amis sarden |

Sebelum sarden masuk ke wajan, kebanyakan orang memang sudah biasa menumis bawang merah dan putih terlebih dahulu. Fungsinya, selain bisa mengurangi bau amis, kedua jenis bawang ini memang bikin rasa sarden semakin nikmat. Namun, menurut Safira, jangan hanya pakai kedua jenis rempah itu saja agar benar-benar bisa menghilangkan bau amis sarden.

Ia biasanya juga menggunakan beberapa potong jahe. Usut punya usut, jahe ampuh menghilangkan bau amis dari ikan sarden, lho. Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, jahe mengandung sebuah senyawa bernama zingeron. Senyawa ini bukan hanya jadi sumber rasa pedas pada jahe, tapi juga mampu menghilangkan bau amis dari ikan.

Trik masak sarden agar tetap segar seharian dan tidak bau amis

foto: TikTok/@peachpatra

Safira juga menjelaskan, memilih sarden yang tepat juga bisa jadi solusi masakan tetap segar seharian dan tidak berbau amis. Triknya, yaitu dengan memilih sarden yang segar. Tanda sarden masih segar bisa dilihat dari ikannya yang masih utuh saat dikeluarkan dari kaleng. Ikan juga nggak mudah hancur saat dimasak dan diaduk di atas wajan.

Tetapi, menurut Safira trik ini memang tidak bisa dilakukan kalau ikan belum dikeluarkan dari kaleng. Sehingga, harus mencoba beberapa produk sarden kaleng sampai menemukan jenis yang pas. Meski begitu, menurutnya trik ini manjur banget agar masakan berbahan ikan sarden buatannya tetap segar seharian.

Trik masak sarden agar tetap segar seharian dan tidak bau amis

foto: TikTok/@peachpatra

Buat penggemar sarden, trik ini bermanfaat banget, kan? Unggahan seputar sarden di TikTok @peachpatra ini juga mendapat banyak antusias dari warganet, lho. Terbukti dari kolom komentarnya yang diisi berbagai respons menarik. Unggahan di TikTok @peachpatra ini juga sudah ditonton lebih dari 1 juta kali.

"Gimana cara tahu ikannya didalem masih utuh tp enggak buka kemasannya?" tanya TikTok @Nda.

"Pake air enggak kak masak sarden," kata TikTok @anak bapak Rw.

"makasih infonya kak," tulis TikTok @.

"Bumbunya lebih enak di uleg sih," ungkap TikTok @Qoririy.

"biar ga amis yg bener ikannya di goreng dulu gaes hehe. terus tambahin sereh sm jahe. dah itu aja trust me," jelas TikTok @akudankamu.

@peachpatra Salah satu yang aku perhatiin kalo bawain bekal, adalah aromanya. Bakal mengganggu & bikin malu nggak waktu di buka. Jadi big no no buat masakan amis. Ini sedikit tips dari akuu semoga membantuu yahh! Sarden yang aku masak @sardentanira bisa kalian beli di link bio no.19 kualitasnya udah kalian liat sendiri kan di video #bekalsuami #idebekal #menubekal #menusarden original sound - Shafira

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya