Trik membuat kulit risol agar teksturnya mulus tak berpori, antigagal

Trik membuat kulit risol agar teksturnya mulus tak berpori, antigagal
Bisa diterapkan pakai teflon antilengket biasa. |

Salah satu pengguna TikTok bernama Aries punya triknya, nih. Lewat akun TikToknya, pria tersebut membagikan trik membuat kulit risol yang mulis sempurna. Dalam video yang dibagikan, Aries tampak menggunakan teflon khusus. Namun menurutnya, trik ini juga bisa diterapkan saat bikin kulit risol pakai teflon antilengket biasa.

"(Kalau gagal) bisa jadi kulit risolnya sobek, rusak kayak gini, atau dia berpori yang sampai bintik-bintik," jelasnya dilansir BrilioFood dari TikTok/@ariestaaas pada Selasa (6/12).

Menurut Aries, kulit risol yang hasilnya tidak mulus atau berpori biasanya dikarenakan api kompor buat memasaknya terlalu besar. Di samping itu, sebenarnya kulit risol berpori ini masih bisa diakali dengan melapisinya pakai tepung basah dan tepung roti sebelum risol digoreng. Meski begitu, ada baiknya untuk menghindari hal tersebut.

Trik membuat kulit risol agar teksturnya mulus tak berpori, antigagal

foto: TikTok/@ariestaaas

Nah, kunci untuk membuat kulit risol yang hasilnya mulus bebas bintik pori adalah harus pakai api sedang cenderung kecil. Dalam video tersebut, teflon dipanaskan terlebih dahulu, baru celupkan atau tuangkan adonan kulit risol di atasnya. Masak beberapa saat sampai kulit risol tak lagi basah, baru kemudian diangkat dari teflon.

"Solusinya cuma satu supaya tetap stabil harus pakai api yang sedang cenderung kecil, jadi semua kulit risol yang dicetak hasilnya sama," jelas Aries.

Trik membuat kulit risol agar teksturnya mulus tak berpori, antigagal

foto: TikTok/@ariestaaas

Trik bikin kulit risol ala Aries ini juga lebih praktis karena cukup mengatur api kompor satu kali saat memasaknya. Jika api terlalu besar atau kecil, justru lebih merepotkan lantaran harus terus menyesuaikan apinya, kan? Dengan begitu, kamu bisa tetap fokus memasak adonan kulit risol sampai selesai.

Trik membuat kulit risol agar teksturnya mulus tak berpori, antigagal

foto: TikTok/@ariestaaas

Bagaimana sudah tahu triknya, kan? Mulai sekarang, pastikan memakai api kompor yang tepat saat memasak kulit risol biar hasilnya mulus. Unggahan seputar kulit risol ini juga menginspirasi banyak warganet, lho. Nggak salah, kalau trik bikin kulit risol tersebut pun sudah ditonton jutaan kali.

"Karna teteh ini aku jadi jualan risol, semoga pahalanya ngalir terus ke teteh aamiin," ujar TikTok/@VirgoGurl .

"Makasih ka, ternyata kemarin aku pake dudukan kompor untuk oven or klakat jd terlalu lama kena panas dan lama matang," imbuh TikTok/@IMYOURHOPE.

"Q jualan martabak sama risol dulu pakek teflon yg pakek kuas skrng uda ada teflon kebalik..enak dan cepet buatnya," jelas TikTok/@mamaskik.

@ariestaaas Replying to @gilby.kitchen solusi supaya kulit risol hasilnya mulussss kaya jalan tol #kulitrisoles #kulitrisolantirobek #kulitrisoleslentur #teflonrisol #teflonrisoles #wajanrisol #wajankwalik #wajanrisoles original sound - ayu ariesta - Teh Ayu

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya