Trik memotong bawang biar mata nggak pedih ini antimainstream

Trik memotong bawang biar mata nggak pedih ini antimainstream
foto: TikTok/@benben____d

Brilio.net - Bawang termasuk salah satu rempah penting buat masak lantaran bumbu satu ini bisa meningkatkan rasa lezat pada suatu hidangan. Manfaat bawang juga banyak sekali untuk kesehatan. Dilansir dari healthline.com, bawang-bawangan punya antioksidan yang tinggi. Ssehingga bisa bantu stabilkan gula darah, peredaran darah, menyehatkan jantung, dan lain-lain.

Namun, saat bawang dipotong, terutama bawang merah dan bombay berisiko bikin seseorang meneteskan air mata. Hal ini memang wajar terjadi, karena bawang mengeluarkan aroma kuat saat dipotong. Dilansir dari customs.go.jp, aroma dari bawang ini dikenal dengan enzim yang nantinya akan berubah jadi asam sulfat saat terlepas ke udara. Nah, asam sulfat inilah yang bisa menyebabkan mata berair.

Banyak cara untuk mencegah keluarnya air mata saat memotong bawang. Misalnya, dengan mencuci bawang terlebih dahulu, memasukkannya ke dalam kulkas atau didinginkan dengan air es, menggunakan kaca mata renang saat memotongnya, dan masih banyak lagi. Trik-trik tersebut cukup banyak tersebar di media sosial. Tapi, ada salah satu trik unik yang banyak tak terpikirkan oleh banyak orang.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya