Trik menggoreng tahu bulat agar hasilnya mengembang, antipecah, dan tidak kempis saat dingin

Trik menggoreng tahu bulat agar hasilnya mengembang, antipecah, dan tidak kempis saat dingin
foto: YouTube/Resep Bakoelan

Brilio.net - Tahu nggak cuma diolah jadi menu lauk sehari-hari, tapi juga bisa dibuat sebagai camilan. Camilan tahu ini sering dijajakan para penjual pinggir jalan. Salah satu jajanan yang populer sampai saat ini adalah tahu bulat.

Seperti namanya, jajanan satu ini memiliki bentuk bulat sempurna. Uniknya, saat dibelah dua, bagian dalam tahu berbentuk kopong. Meski kulit luarnya tipis, namun teksturnya tetap renyah saat digigit. Nggak heran jika banyak orang menyukainya.

Untuk menambahkan cita rasa, biasanya tahu bulat disajikan bersama bumbu tabur sesuai selera. Nggak melulu beli di luar, kamu bisa lho membuat tahu bulat sendiri di rumah. Selain cara membuatnya praktis, bahan-bahan yang digunakan pun mudah didapat.

Meski terbilang mudah, nyatanya masih banyak orang yang mengalami kegagalan saat membuat tahu bulat goreng sendiri. Saat proses penggorengan, tahu bulat banyak yang pecah, alhasil permukaannya jadi nggak mulus. Belum lagi, saat disajikan tahu bulat malah mengempis.

Rupanya, ada trik khusus untuk menggoreng tahu bulat ini. Jika dilakukan dengan asal, tahu bulat yang dihasilkan bisa jadi nggak mengembang sempurna bahkan kempis saat disajikan.

Salah seorang warga YouTube dengan akun Resep Bakoelan sempat membagikan tutorial cara menggoreng tahu bulat yang benar. Menurutnya dengan cara ini, tahu bulat yang dihasilkan akan antigagal.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya