Trik merebus jantung pisang supaya tak menghitam dan pahit, cukup tambah satu bahan dapur

Trik merebus jantung pisang supaya tak menghitam dan pahit, cukup tambah satu bahan dapur
YouTube/dapur yudi

Brilio.net - Jantung pisang atau ontong termasuk salah satu bagian pohon pisang yang sering dikonsumsi. Bagian ini biasanya diolah jadi menu sayur lezat. Misalnya dimasak dengan santan, ditumis, pecak, atau sekadar direbus lalu disantap dengan sambal pecel.

Jantung pisang ini memang dikenal dengan rasanya yang enak. Setelah dimasak, teksturnya pun cenderung empuk dan lembut. Cocok banget deh disantap sebagai pelengkap menu makan berat.

Namun sebelum siap dimasak dengan berbagai bumbu, kamu harus tahu cara mengolah jantung pisang yang masih mentah. Umumnya, jantung pisang ini harus direbus terlebih dahulu. Selain agar lebih matang, perebusan ini juga bertujuan untuk menghilangkan getah pada jantung pisang.

Sekilas, merebus jantung pisang memang tampak mudah. Namun siapa sangka, banyak orang justru mendapati hasil jantung pisang justru berubah hitam setelah direbus. Hal ini memang bisa disebabkan oleh getah yang keluar dari jantung pisang ketika diiris.

Pada dasarnya, masalah tersebut bisa dihindari, lho. Ada sebuah trik sederhana saat merebus jantung pisang supaya tampilannya tidak menghitam. Selain itu, rasanya juga jadi lebih enak dan nggak pahit.

Trik ini pernah dibagikan oleh warganet bernama Yudi melalui channel YouTube dapur yudi. Melalui salah satu video yang diunggah, dia membeberkan hal-hal apa saja yang memengaruhi tampilan jantung pisang setelah direbus.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya