Trik mengukus makanan tanpa saringan dan panci khusus, anak kos wajib tahu

Trik mengukus makanan tanpa saringan dan panci khusus, anak kos wajib tahu
YouTube/Cara Nika

Brilio.net - Mengukus termasuk salah satu metode memasak yang kerap digunakan. Selain bisa bikin bahan makanan cepat matang, mengukus juga dianggap sebagai teknik memasak yang sehat. Bukan tanpa alasan, nutrisi dan gizi biasa akan tetap utuh saat makanan dikukus.

Mengukus sendiri pada dasarnya hanya mengandalkan uap air dalam proses mematangkan makanan. Karena tidak dicelupkan ke dalam air (direbus) atau minyak (digoreng), nutrisi yang terkandung di dalam makanan pun tidak larut atau menghilang. Dengan begitu, makanan yang disajikan tetap padat nutrisi dan sehat.

Namun karena mengandalkan uap air, mengukus harus dilakukan dengan alat dapur khusus. Misalnya pakai panci khusus dengan saringan atau yang kerap disebut dandang. Nah, dandang sendiri berbentuk periuk besar yang biasanya terbuat dari aluminium. Ada juga alat tambahan berbentuk bulat dengan lubang seperti saringan yang digunakan untuk meletakkan makanan di tengah dandang.

Walau efektif, namun mengukus makanan dengan dandang sering dianggap ribet oleh sebagian orang, nih. Bukan tanpa alasan, ukuran dandang yang besar akan membuat proses memasak lebih lama. Alhasil gas pun semakin cepat habis.

Jika makanan yang dikukus cenderung banyak, hal tersebut mungkin bukan masalah. Namun berbeda jika makanan yang dikukus hanya satu mangkuk atau sedikit. Hal ini tentu sangat merepotkan, terlebih untuk anak kos yang sering memasak dalam porsi sedikit.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya