Bukan pakai rempah, begini trik merebus rebung agar tidak pahit dan bau pesing

Bukan pakai rempah, begini trik merebus rebung agar tidak pahit dan bau pesing
YouTube/NYAMPLONG

Brilio.net - Rebung merupakan bambu muda yang biasa dijadikan sebagai menu sayur. Ada berbagai macam menu sayur yang bisa dibuat menggunakan bahan dasar rebung. Misalnya tumis rebung, rebung santan, gulai, opor, dan lainnya. Tapi nggak cuma itu, rebung juga sering diandalkan untuk isian camilan, buat lumpia misalnya.

Di sisi lain, rebung juga kaya manfaat kesehatan, lho. Dilansir dari ift.onlinelibrary.wiley.com, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa rebung bisa mendukung kesehatan tubuh. Mulai dari membantu melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, menyembuhkan penyakit kronis, hingga menjaga imun tubuh tetap kuat.

Walau punya segudang manfaat, namun tidak sedikit yang masih menghindari mengonsumsi makanan satu ini. Bukan tanpa alasan, rebung punya aroma yang cukup pesing serta tidak sedap. Jika tidak dimasak dengan tepat, bau tersebut tetap menyengat bahkan saat rebung sudah matang.

Dan nggak cuma baunya yang kurang sedap, bagi sebagian orang, rasa rebung ini terbilang kurang enak. Ada sensasi rasa pahit saat disantap. Rasa pahit ini juga akan terus melekat jika rebung tidak diolah dengan benar.

Oleh sebab itu, perlu sebuah trik khusus untuk mengolah rebung. Dilansir BrilioFood dari YouTube NYAMPLONG pada Minggu (12/3), menghilangkan rasa pahit dan bau pesing rebung ini bisa dilakukan pada tahap perebusan.

Jadi, sebelum siap diolah bersama rempah dan bahan lain, rebung harus direbus terlebih dahulu. Selain bikin teksturnya jadi empuk, perebusan ini juga membantu menghilangkan rasa pahit dan bau pesingnya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya