Trik mengolah bumbu seblak agar aromanya tak menyengat dan awet disimpan hingga 1 bulan

Trik mengolah bumbu seblak agar aromanya tak menyengat dan awet disimpan hingga 1 bulan
YouTube/Cerita Dapur Bunda

Brilio.net - Sejumlah jajanan khas Sunda yang begitu terkenal seperti batagor, cimol, cilok, cireng, sampai seblak. Ngomong-ngomong soal seblak, jajanan ini pun sudah banyak dijual di berbagai kedai kecil-kecilan hingga di restoran mahal. Seblak tak hanya identik berbahan dasar kerupuk, tapi juga bumbu kencurnya yang khas.

Di samping itu, seblak bisa dibuat sesuai tingkat atau level pedas menurut selera. Kamu yang gemar menyantap makanan pedas, bisa banget memilih level paling tinggi. Namun sepedas apapun seblak, pasti rasanya ada yang kurang apabila bumbu dasarnya kurang nendang, nih. Biasanya, bumbu dasar seblak tak hanya dibuat pakai kencur, tapi juga bawang putih dan bawang merah.

Sayangnya saat bikin bumbu seblak, tak jarang orang-orang merasa kesal lantaran aromanya begitu menyengat di hidung. Belum lagi, bumbu seblak bisa cepat basi saat disimpan. Rupanya, ada trik agar hasil bumbu seblak nggak hanya lezat, tapi juga tidak menyengat dan awet bahkan hingga satu bulan, lho. Trik seputar bumbu seblak ini dibagikan oleh seorang warganet melalui akun YouTube Cerita Dapur Bunda.

"Ini bener-bener efektif banget buat penjual seblak pemula yang nggak sekali membuat bumbu langsung habis, ini benar-benar awet," ungkapnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Cerita Dapur Bunda pada Selasa (21/2).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya