Trik mudah bersihkan babat kambing, ampuh hilangkan bau prengus

Trik mudah bersihkan babat kambing, ampuh hilangkan bau prengus
foto: TikTok/@chefterabalabal

Brilio.net - Babat merupakan bagian jeroan dari sapi atau kambing yang kerap dikonsumsi sebagai bahan makanan. Berbagai olahan dari babat, seperti babat gongso, babat goreng, tongseng babat, atau soto babat ini banyak disukai masyarakat Indonesia.

Ada perbedaan antara babat sapi dan kambing. Salah satu perbedaannya adalah pada bau yang ditimbulkan. Babat kambing cenderung memiliki bau prengus yang lebih mencolok dibandingkan dengan babat sapi. Oleh karena itu, perlu cara tertentu untuk membersihkan babat kambing sebelum diolah.

Tidak hanya itu, kondisi babat yang cenderung berwarna hitam dan tebal membuat sebagian orang enggan mengolah babat sendiri di rumah. Hal ini pun tentu menjadi kendala tersendiri. Namun tidak perlu khawatir, kamu bisa menyontek cara membersihkan babat kambing yang dipaparkan oleh seorang chef melalui akun TikToknya.

Lewat akun TikTok/@chefterabalabal, pemilik nama lengkap Eddy Siswanto ini memberi tahu cara ampuh agar babat bisa bersih, warnanya jadi lebih putih, dan tidak bau. Cara yang ditunjukkan oleh chef TikTok ini pun cenderung mudah ditiru.

Trik mudah bersihkan babat kambing, ampuh hilangkan bau prengus

foto: TikTok/@chefterabalabal

Dilansir BrilioFood dari akun TikTok/@chefterabalabal padaSabtu(9/7), pertama-tama siram terlebih dahulu babat kambing dengan air, kemudian bersihkan sekadarnya. Taburi babat kambing dengan garam, kemudian remas-remas hingga semua bagian babat terlumuri garam.

Setelah itu, bilas dan bersihkan lagi babat kambing hingga tidak ada garam yang tersisa. Nggak cukup sampai di situ, tambahkan lagi perasan jeruk lemon dan taburi lagi dengan garam. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan bau prengus pada babat kambing.

Setelah babat sudah terlumuri garam dan air lemon, remas-remas lagi dengan tangan. Masukkan ke wadah keranjang kecil, gosok-gosok dengan tangan. Sembari itu, buang bagian lemak dan kotoran yang masih menempel pada babat. Nggak cukup sampai di situ, babat kambing masih melewati tahap membersihkan lagi.

Trik mudah bersihkan babat kambing, ampuh hilangkan bau prengus

foto: TikTok/@chefterabalabal

Tahap selanjutnya, campurkan kapur sirih dengan air di dalam wadah lain. Siramkan ke babat kambing yang sudah dipindah ke baskom. Remas-remas kembali dengan tangan. Remas hingga kotoran atau bagian hitam pada babat kambing luntur dengan sendirinya.

Bilas kembali dengan air bersih sambil terus digosok-gosok untuk menghilangkan kotorannya. Cuci bersih lagi dengan air yang mengalir. Jika masih ada sisa kotoran yang menempel, gosok menggunakan bagian tumpul pada pisau. Bilas lagi dengan air mengalir.

Trik mudah bersihkan babat kambing, ampuh hilangkan bau prengus

foto: TikTok/@chefterabalabal

Terakhir, letakkan babat kambing dalam wadah kemudian siram dengan air panas. Aduk-aduk sebentar, lalu bilas kembali. Pastikan air yang digunakan merupakan air bersih, ya. Setelah dibersihkan dengan cara tersebut, babat kambing jadi tampak lebih putih dan bersih.

Sebelum diolah bersama bumbu masakan, bisa rebus terlebih dahulu babat kambing supaya lebih empuk. Saat merebus babat kambing, chef Eddy menambahkan serai, jahe, lengkuas, dan garam pada air rebusan. Hal ini dilakukan agar bau prengus pada babat kambing benar-benar hilang.

Rebus selama 40 menit untuk mendapat tekstur babat kambing yang empuk, sedap, dan siap diolah. Walau baru diunggah pada 12 Juni 2022 lalu, namun video tersebut telah ditonton lebih dari enam juta kali dan dibagikan lebih dari 27 ribu kali.

Trik mudah bersihkan babat kambing, ampuh hilangkan bau prengus

foto: TikTok/@chefterabalabal

Apalagi menjelang Idul Adha, pasti babat kambing jadi salah satu bagian jeroan kambing atau sapi yang banyak diperebutkan. Cara membersihkan babat kambing ini bisa langsung dipraktikkan sendiri di rumah. Banyak warganet yang merasa terbantu dengan adanya trik membersihkan babat kambing tersebut.

"Bentar lagi lebaran hj aku sukanya minta babat ,makasih infonya chef Edy siswanto,," ungkap akun TikTok/@astutifams.

"Wawww ilmunya keren pisan.hatur nuhun kakak," komentar akun TikTok/@saripatulmunawarah.

"Bagus infonya chef terimakasih nambah ilmu," tutur akun TikTok/@komarifebriyanti86.

"Manteb bentar lagi kan lebaran haji," kata akun TikTok/@nanania.

"Bener banget pake kapur bisa putih , q dah cobain," kata akun TikTok/@eggfresh999 dalam kolom komentar.

@chefterabalabal Tips Bersihkan Babat Kambing #reseptiktok #kulinertiktok #serunyakuliner #Gultik original sound - Eddy Siswanto

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya