Trik simpel menggoreng makanan ini bisa bikin minyak tetap jernih

Trik simpel menggoreng makanan ini bisa bikin minyak tetap jernih
Dengan cara ini, tepung nggak akan mengendap di minyak. |

Dalam salah satu video yang diunggah, Ferraro menunjukkan momen ketika dia sedang menggoreng chicken katsu. Biasanya, menggoreng makanan yang dilapisi dengan tepung panir cenderung membuat minyak jadi kotor. Pasalnya, tepung panir tersebut bisa dengan mudah rontok ketika mengenai minyak panas. Namun dalam video yang diunggah tersebut, tampak hanya ada sedikit tepung yang rontok.

Trik simpel menggoreng makanan ini bisa bikin minyak tetap jernih

foto: TikTok/@ferrarokitchen

Rupanya, Ferraro memanfaatkan bahan lain untuk menjaga kejernihan minyak yang digunakan. Dia menambahkan sepotong wortel ke dalam minyak tersebut. Menurutnya wortel ini bisa membantu membuat minyak yang digunakan tetap bersih dan jernih.

"If you put a little carrot in the oil when you frying, and it keep some oil clear like it absorb all the stuff (jika kamu memasukkan sedikit wortel ke dalam minyak saat menggoreng, dan minyaknya tetap jernih seperti menyerap semua remahan)," jelas Ferraro lebih lanjut.

Trik simpel menggoreng makanan ini bisa bikin minyak tetap jernih

foto: TikTok/@ferrarokitchen

Wortel pada dasarnya berfungsi untuk mengurangi suhu minyak secara bertahap. Potongan wortel tersebut melepaskan sejenis cairan yang dapat membuat suhu minyak jadi tidak terlalu panas. Sehingga saat digunakan untuk menggoreng makanan bertepung, seperti chicken katsu, tepung rotinya tidak mudah rontok karena suhu minyak cenderung stabil. Alhasil, minyak yang digunakan tetap dalam kondisi bersih.

Trik simpel menggoreng makanan ini bisa bikin minyak tetap jernih

foto: TikTok/@ferrarokitchen

Namun selain kondisi minyak yang tetap bersih, hasil chicken katsu yang digoreng juga tampak garing dan krispi. Bisa dikatakan bahwa makanan yang digoreng pun memiliki hasil memuaskan. Nah, minyak goreng ini bisa langsung digunakan kembali untuk menggoreng makanan lain.

Ditonton lebih dari 900 ribu kali, video milik TikTok/@ferrarokitchen ini rupanya menuai atensi warganet. Hal ini terbukti dari puluhan ribu warganet yang menyukai video tersebut. Bahkan tidak sedikit juga yang ikut menanggapi langsung melalui kolom komentar.

@ferrarokitchen It really works! #cookingtips #foodtiktok #cookinghacks original sound - Samantha Ferraro

"I’m old. I cook a lot. I’ve never heard of it (aku sudah tua, sering memasak, tapi belum pernah dengar hal ini)," kata TikTok/@realtormelody.

"It also works when cooking steak so the pan doesnt smoke (cara ini juga berguna ketika memasak steak agar pan tidak mengeluarkan asap)," papar TikTok/@savoryspace

"Sacraficial carrot got it so smart! (oh gtu, dengan mengorbankan wortel yaa, pinta sekali)," sahut TikTok/@justjokes2264.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya