Tanpa dimasak, begini trik melunakkan butter beku dalam 5 menit

Tanpa dimasak, begini trik melunakkan butter beku dalam 5 menit
pixabay.com

Brilio.net - Butter termasuk salah satu produk susu yang kerap dimanfaatkan untuk membuat kue. Dilansir dari bakerbettie.com, butter berfungsi memberi rasa khas, melembutkan, mengembangkan kue, serta menurunkan efek gluten pada tepung.

Namun beberapa resep kue biasanya perlu menggunakan butter dengan tekstur tertentu, misalnya lunak. Penggunaan butter yang teksturnya lunak tentu akan membuatnya lebih mudah dicampur dengan adonan kue lainnya.

Nah, ketika kamu hendak menggunakan butter yang baru keluar dari lemari es, lebih baik dilunakkan dulu. Apabila ada microwave di rumah, unakkan butter bisa pakai alat tersebut. Dalam hitungan detik, butter bisa lunak atau bahkan leleh dengan cepat.

Jika tidak punya microwave, kamu bisa mendiamkan butter begitu saja di suhu ruang. Sayangnya cara ini membutuh waktu yang cukup lama.

Usut punya usut, sebenarnya ada trik yang lebih mudah dan cepat untuk melunakkan butter beku tanpa perlu dimasak terlebih dahulu. Dalam waktu 5 menit, kamu bisa membuat tekstur butter beku jadi lebih lunak dan siap digunakan. Trik ini dibagikan oleh salah satu konten kreator memasak bernama Babs. Melalui akun TikTok/@brunchwithbabs, dia mengunggah video berjudul 'Butter hacks'. Video tersebut menunjukkan cara melunakkan butter dengan cepat hanya dalam 5 menit, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya