Cara menyimpan jengkol tetap segar sampai 1 tahun, pakai bubuk kopi

Cara menyimpan jengkol tetap segar sampai 1 tahun, pakai bubuk kopi
foto: YouTube/Nikmatul Rosidah

Brilio.net - Memiliki aroma yang tak sdap dan rasanya sedikit pahit, membuat sebagian orang jadi enggan menyantap jengkol. Meski begitu, tak sedikit juga yang menyukai makanan satu ini karena jika diolah dengan tepat, rasanya bikin nagih. Jengkol bisa diolah jadi banyak hidangan dengan berbagai metode memasak, baik digoreng, ditumis, dibuat jadi semur, dan lain sebagainya.

Buat penggemar jengkol, terutama di Indonesia, tampaknya nggak sulit mencari makanan satu ini. Umumnya, jengkol bisa ditemui di pasaran dalam keadaan sudah matang maupun masih mentah. Kebanyakan orang yang gemar masak, lebih memilih membeli jengkol mentah untuk dijadikan stok agar bisa diolah kapan saja. Selain itu, dengan menyimpan jengkol sendiri, tentu bisa bebas berkreasi.

Meski begitu, jengkol yang dijadikan stok nggak boleh disimpan sembarangan, lho. Usut punya usut, jika disimpan dengan tepat, jengkol bisa bertahan sampai satu tahun tanpa berubah rasa dan bentuk. Padahal, umumnya jengkol hanya bisa bertahan sekitar 2 minggu sampai 1 bulan di kulkas. Wah, kira-kira bagaimana caranya biar jengkol lebih tahan lama, ya?

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya