Trik simpan gula aren pakai daun pisang agar tak cepat mencair

Trik simpan gula aren pakai daun pisang agar tak cepat mencair
YouTube/Mbok Jar

Brilio.net - Kunci lezatnya suatu masakan salah satunya terletak pada bumbu yang digunakan. Selain garam, bumbu utama yang biasa digunakan tak lain adalah gula. Entah itu gula pasir, gula halus, gula cair, gula merah, dan gula aren.

Di antara berbagai jenis gula yang digunakan, banyak yang mengira jika bula merah sama dengan gula aren. Padahal kedua gula ini terbuat dari bahan baku yang berbeda. Gula merah terbuat dari nira kelapa, sedangkan gula aren berasal dari pohon aren.

Gula aren memiliki rasa manis yang lebih ringan serta warna karamel tidak terlalu pekat. Hal ini dikarenakan indeks glikemik gula aren lebih rendah dibandingkan pemanis lainnya.

Meskipun biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding gula biasanya, namun masih banyak orang yang memanfaatkan gula aren untuk aneka masakan. Pasalnya, gula aren tak cuma punya rasa manis, namun juga mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan juga serat.

Jika kamu mempunyai stok gula aren di rumah, harus pintar-pintar menyimpannya, ya. Bukan tanpa alasan, jika disimpan begitu saja, lama-kelamaan gula aren akan mencair. Dengan teknik penyimpanan yang tepat, gula aren bisa bertahan lebih lama dan tidak mudah mencair.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya