13 Cara memperbanyak sabun cuci piring, mudah andalkan bahan rumahan

13 Cara memperbanyak sabun cuci piring, mudah andalkan bahan rumahan
YouTube/Linda Home

Brilio.net - Sabun cuci piring merupakan salah satu bahan dapur yang cukup penting. Pasalnya, sabun inilah yang berperan penting dalam membersihkan sejumlah peralatan memasak di dapur. Bagi seseorang yang gemar memasak, sabun cuci piring pun jadi lebih cepat habis karena sering dipakai.

Sejumlah orang akhirnya mencari cara untuk menghemat pemakaian bahan cuci piringnya. Salah satunya dengan memperbanyak sabun cuci piring. Tak sedikit orang memilih menambahkan air agar sabun cuci piring lebih banyak dan awet. Namun sayangnya, cara ini bisa membuat kualitas sabun cuci piring menurun, lho. Terutama busanya yang cenderung sedikit kalau ditambah air.

Sebagai solusinya, ada sejumlah orang yang menggunakan bahan tambahan untuk memperbanyak sabun cuci piring. Misalnya, menuang garam, baking soda, hingga minuman bersoda.

Nah, buat kamu yang ingin berhemat sabun bahan dapur multifungsi tersebut, yuk simak 13 cara memperbanyak sabun cuci piring, dihimpun BrilioFood dari berbagai sumber padaSabtu (23/3).

1. Ditambahkan baking soda dan pasta gigi.

13 Cara memperbanyak sabun cuci piring, mudah andalkan bahan rumahan

foto: YouTube/Jojo chanel

Untuk memperbanyak sabun cuci piring, ada bahan lain yang bisa ditambahkan. Bahan ini pernah digunakan oleh pengguna YouTube Jojo chanel melalui salah satu video yang diunggah.

Bukan dengan garam, warganet bernama Jojo ini menambahkan baking soda dan pasta gigi. Campuran baking soda dan pasta gigi dapat membantu memperbanyak sabun cuci piring agar daya bersihnya tetap maksimal. Selain itu, tekstur sabun juga kental dan berbusa saat dipakai.

Caranya, cukup siapkan baskom. Lalu tuang 1 sachet sabun cuci piring berukuran 210 ml. Lalu masukkan 1 sdm pasta gigi dan 600 ml air bersih. Terakhir, masukkan juga 1 sdm baking soda.

Selanjutnya, aduk-aduk semua bahan ini sampai tercampur merata. Lalu pindahkan ke dalam botol atau wadah yang cukup besar untuk menampungnya. Nah, sabun cuci piring yang sudah dicampur pasta gigi dan baking soda ini bisa langsung digunakan.

Pengguna YouTube Jojo chanel menggunakan sabun cuci piring ini untuk membersihkan panci yang berkerak. Saat dipakai untuk menggosok, sabun ini bisa langsung merontokkan kerak dengan mudah. Hal ini menandakan bahwa trik memperbanyak sabun cuci piring ini sangat ampuh membersihkan alat makan dan bikin lebih hemat.

2. Ditambahkan garam, baking soda, dan minuman bersoda.

13 Cara memperbanyak sabun cuci piring, mudah andalkan bahan rumahan

foto: YouTube/Linda Home

Kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh pengguna YouTube Linda Home. Bukan hanya menambahkan garam, dia juga mengandalkan satu jenis minuman untuk memperbanyak sabun cuci piring.

Minuman yang dimaksud adalah C*ca-cola atau minuman bersoda. Nah, minuman bersoda ini juga akan dicampur lagi dengan bahan dapur lain, yakni baking soda. Jadi, campuran ketiga bahan ini akan menghasilkan cairan pembersih yang bisa mengangkat noda membandel seperti kerak gosong, lho.

Untuk takarannya, cukup siapkan 1 gelas sabun cuci piring atau sekitar 100 ml. Lalu campur dengan 100 ml atau 1 gelas minuman bersoda. Aduk-aduk kedua bahan ini sampai tercampur rata.

Selanjutnya, dalam wadah lain, masukkan 2 sdm baking soda dan 2 sdm garam. Lalu larutkan kedua bahan ini dengan 1/2 gelas atau 50 ml air. Aduk-aduk sampai bahan tersebut benar-benar larut.

Jika sudah, campur garam dan baking soda ini ke dalam wadah berisi sabun. Aduk-aduk lagi sampai semua bahan tercampur merata. Barulah kemudian pindahkan ke dalam botol sabun agar lebih mudah digunakan.

Nah, sabun cuci piring yang sudah dicampur ini bisa jadi 2-3 kali lipat lebih banyak, lho. Kamu bisa langsung menggunakannya untuk mencuci piring.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya