5 Cara bikin endapan daun pandan, praktis dan awet hingga sebulan

5 Cara bikin endapan daun pandan, praktis dan awet hingga sebulan
foto: YouTube/Novi Da Sari

Brilio.net - Endapan pandan dikenal sebagai pasta atau perasa pandan yang dibuat secara alami dan manual. Meski sudah banyak pasta pandan instan yang dijual di pasaran, tapi endapan pandan ini masih banyak digemari karena bebas bahan pengawet dan wanginya dianggap lebih kuat.

Di sisi lain, daun pandan juga dikenal sebagai tanaman dengan banyak khasiat, lho. Dilansir dari webmd.com, daun pandan ini memiliki sejumlah antioksidan dan vitamin yang bisa menunjang kesehatan apabila dikonsumsi. Biasanya, endapan dari daun pandan ini dipakai untuk membuat aneka kue, bolu, maupun dessert lainnya.

Seperti namanya, untuk membuat pasta pandan yang natural ini bukan hanya dengan dihaluskan, tapi juga didiamkan sampai endapannya terpisah dari airnya. Nah, hasil endapan daun pandan tersebutlah yang bisa digunakan pada makanan. Usut punya usut, endapan daun pandan yang dibuat sendiri di rumah ini bisa awet hingga sebulan, lho.

Nggak perlu banyak bahan, kamu hanya perlu menyiapkan daun pandan dan air matang. Penasaran seperti apa cara membuatnya? Berikut lima cara bikin endapan daun pandan yang praktis dan awet hingga sebulan, dilansir BrilioFood dari YouTube/Novi Da Sari, Sabtu (1/10).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya