9 Cara membuat takir daun pandan untuk wadah jajanan, dijamin kokoh

9 Cara membuat takir daun pandan untuk wadah jajanan, dijamin kokoh
TikTok/@cookingwithhel

Brilio.net - Sebelum mengenal wadah plastik, orang zaman dahulu biasanya menggunakan takir sebagai tempat makanan. Takir umumnya digunakan sebagai wadah jajanan pasar, makanan basah, dan berkuah. Mulai dari bubur, jenang sumsum, hingga kolak.

Takir bisa dibuat dari daun pandan dan daun pisang yang dilipat menyerupai mangkuk. Namun untuk wadah jajanan pasar, biasanya orang-orang akan menggunakan daun pandan sebagai takir. Bukan tanpa alasan, daun pandan memiliki aroma wangi yang membuat makanan jadi semakin sedap.

Terdapat dua model lipatan takir yang umum dibentuk dari daun pandan. Yakni berbentuk kotak persegi dan segitiga. Nah, membuat takir daun pandan ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Namun jika sudah memahami tekniknya, kamu dapat dengan mudah membuat takir daun pandan sendiri nantinya, lho.

Sebelum membuat takir, kamu harus menyiapkan beberapa helai daun pandan yang segar agar bisa kokoh saat dilipat. Setelah itu, cuci hingga bersih. Baru kemudian lipat untuk membentuk takir.

Mau tahu bagaimana cara membuat takir dari daun pandan? Simak tutorial yang telah dilansir BrilioFood dari akun TikTok/@cookingwithhel,Jumat (30/9).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya