Bukan diperasi jeruk nipis, ini cara hilangkan lendir dan bau amis ikan lele pakai 1 bahan dapur

Bukan diperasi jeruk nipis, ini cara hilangkan lendir dan bau amis ikan lele pakai 1 bahan dapur
foto: Instagram/@of3house

Brilio.net - Lele selalu jadi makanan favorit orang-orang yang gemar makan ikan. Pasalnya, daging ikan lele punya tekstur lembut dan rasa gurih. Apalagi kalau ikan lele digoreng dan disajikan bersama nasi hangat, sayur lalapan, serta sambal, pasti hidangan ini bikin sulit berhenti makan.

Selain digoreng, jenis ikan ini juga cocok diolah jadi menu khas Nusantara seperti mangut lele, lele bumbu rujak, lele rica-rica, lele bumbu woku, dan lain sebagainya. Aneka olahan makanan tersebut pastinya nggak bakal bikin bosan meskipun bahan utamanya sama, yakni lele.

Tapi, banyak orang ogah memasak ikan lele sendiri di rumah, karena dianggap sulit dibersihkan. Ikan lele segar yang baru dibeli dari pasaran terkadang memang memiliki lendir yang menempel pada permukaan kulitnya. Di sisi lain, ikan lele juga kadang-kadang masih memiliki bau amis meskipun sudah dicuci berkali-kali.

Nah, biar lendir dan bau amisnya hilang, biasanya orang-orang mengandalkan air perasan jeruk nipis. Aroma segar dan zat asam cukup kuat dari jeruk nipis memang bekerja ampuh untuk hilangkan lendir dan bau amis ikan. Namun, kalau kamu nggak punya stok jeruk nipis di rumah, jangan khawatir dulu karena masih ada trik lain.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya