Bukan pakai garam, ini cara jitu mencuci kembang kol agar bebas kotoran dan ulat

Bukan pakai garam, ini cara jitu mencuci kembang kol agar bebas kotoran dan ulat
YouTube/Tara's Kitchen

Brilio.net - Kembang kol biasa dimasak jadi berbagai menu sayur, contohnya capcay, sayur sop, dan lain sebagainya. Jenis sayur satu ini dikenal menyehatkan, lho. Dilansir dari bbcgoodfood.com, kembang kol bisa meningkatkan kesehatan jantung, menstabilkan hormon, meningkatkan imun tubuh, dan masih banyak lagi.

Selain jadi sayur, tak jarang kembang kol juga dijadikan sumber karbohidrat pengganti nasi, lho. Sebab, dilansir dari healthline.com, kembang kol punya tekstur dan rasa yang cukup ringan layaknya nasi, tapi kalorinya cenderung lebih rendah. Wah, kembang kol tampaknya cocok banget dikonsumsi saat diet menurunkan berat badan, ya?

Namun, sebelum mengolah kembang kol, penting untuk mencucinya dengan baik, nih. Pasalnya, jika hanya pakai air, terkadang masih ada kotoran atau ulat yang menempel di sela-sela kembang kol. Biar bersih, banyak orang memanfaatkan garam untuk mencuci kembang kol. Tapi, di samping itu ada alternatif bahan lain yang bisa digunakan dan nggak kalah ampuh membersihkan kembang kol.

Hal ini sempat dibagikan oleh warganet bernama Tara lewat sebuah unggahan di YouTube Tara's Kitchen. Bahkan, tak hanya untuk membasmi kotoran dan sisa serangga, cara ini disebut-sebut juga bisa merontokkan pestisida tanaman yang masih menyelimuti kembang kol, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya