Bukan pakai garam, ini cara jitu mencuci kembang kol agar bebas kotoran dan ulat

Bukan pakai garam, ini cara jitu mencuci kembang kol agar bebas kotoran dan ulat
Praktis Buat Ditiru Di Rumah~ |

Ada dua bahan yang dibutuhkan, yakni cuka apel dan baking soda.

Berbagai merek cuka apel di pasaran dapat kamu pilih untuk mencuci kembang kol, salah satunya yakni Pure & Simple Apple Cider Vinegar. Terbuat dari apel segar dan berkualitas, produk ini mengandung asam asetat, enzim, mineral, dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Pure & Simple Apple Cider Vinegar dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme, menyeimbangkan pH darah, mengurangi kolesterol, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Produk ini juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit dan rambut. Pure & Simple Apple Cider Vinegar adalah pilihan tepat bagi kamu yang ingin hidup sehat dan alami. Produk ini pun dibanderol dengan harga yang terjangkau lho. Untuk mengetahui harganya kamu bisa cek di bawah ini.

"You can clean cauliflower pesticides and insects (Kamu bisa mencuci kembang kol dari pestisida dan serangga)," tegasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Tara's Kitchen pada Kamis (8/6).

Siapkan dulu semangkuk air, lalu campurkan dengan cuka apel dan baking soda secukupnya. Dilansir dari neuroticmommy.com, cuka apel mengandung kadar asam, sementara baking soda bersifat alkali. Makanya kedua bahan ini dapat ampuh saat digunakan untuk membunuh bakteri, virus, kotoran, serangga, sampai sisa pestisida pada sayuran seperti kembang kol.

Bukan pakai garam, ini cara jitu mencuci kembang kol agar bebas kotoran dan ulat

foto: YouTube/Tara's Kitchen

Setelah semua bahan tercampur rata, baru masukkan semua potongan kembang kol yang ingin dibersihkan. Kembang kol harus direndam kurang lebih selama 15 menit. Tara juga menjelaskan, sebaiknya letakkan pemberat seperti piring di atas kembang kol selama proses perendaman karena kembang kol akan mengapung di atas air dan tak sepenuhnya terkena air.

"I put this plate on the flowers to push them down in the water (Aku meletakkan piring ini supaya kembang kolnya terdorong ke bawah air rendaman)," ujarnya.

Bukan pakai garam, ini cara jitu mencuci kembang kol agar bebas kotoran dan ulat

foto: YouTube/Tara's Kitchen

Usai direndam, kembang kol bisa dibilas kembali di bawah air mengalir sampai benar-benar bersih. Lalu, tiriskan dan kembang kol pun siap diolah jadi aneka masakan. Gimana, caranya gampang, ya? Mengintip unggahan YouTube Tara's Kitchen, memang belum banyak komentar dari warganet. Tetapi, unggahan ini sudah ditonton lebih dari seribu kali.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya