Trik bikin adonan dadar gulung isi kelapa tanpa telur, tetap lembut dan berpori

Trik bikin adonan dadar gulung isi kelapa tanpa telur, tetap lembut dan berpori
foto: TikTok/@gina_angelia

Brilio.net - Dadar gulung dikenal sebagai camilan tradisional yang masih banyak ditemui hingga sekarang. Dadar gulung terdiri dari adonan kulit berwarna hijau dengan isian unti kelapa. Selain unti kelapa, isian dadar gulung juga bisa dikreasikan pakai bahan-bahan lainnya sesuai selera.

Dadar gulung ini biasanya dijual di toko kue maupun pasar tradisional. Namun, nggak melulu membelinya di pasaran, kamu juga bisa membuat olahan camilan satu ini di rumah, lho. Pasalnya, bahan-bahan pembuatannya sederhana dan cara mengolahnya juga praktis tanpa alat khusus.

Kamu cuma membutuhkan wajan atau teflon untuk memasak baik isian maupun kulitnya. Nah, untuk membuat kulit dadar gulung ini seringkali dianggap rumit, lho. Sebab, adonan kulit dadar gulung sering dibuat pakai berbagai bahan tak hanya tepung, tapi juga telur, santan, air pandan, tepung tapioka, dan lainnya.

Tetapi, ada trik lainnya untuk mengolah adonan dadar gulung ini jadi lebih simpel, yakni tanpa menggunakan telur sama sekali. Telur sendiri memang umum digunakan sebagai salah satu bahan pembuat kue. Fungsi telur pada adonan dadar gulung ini bisa sebagai pengikat adonan, menjaganya tetap lembut dan lembap, serta membantu menghasilkan pori pada adonan.

Namun, walaupun diolah tanpa menggunakan telur, rupanya adonan dadar gulung hasilnya tetap bagus, lho. Trik mengolah adonan dadar gulung tanpa telur ini sempat dibagikan oleh warganet bernama Gina. Kreator konten ini gemar membagikan resep masakan simpel dan mudah ditiru oleh pemula.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya

Jalan Makan This or That, enakan kebab pertama di Indonesia atau kebab kekinian?

  • Jalan Makan Kedai Roti Ibu Saya, nggak nyangka enaknya pizza cuma Rp 13 ribu

    Jalan Makan Kedai Roti Ibu Saya, nggak nyangka enaknya pizza cuma Rp 13 ribu

  • Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

    Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

  • Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

    Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

Review

Selengkapnya