Gurih dan sehat, berikut 7 Ide olahan ikan ala rumahan bantu tingkatkan imunitas

Gurih dan sehat, berikut 7 Ide olahan ikan ala rumahan bantu tingkatkan imunitas
foto: shutterstock.com

Brilio.net - WHO, Badan Kesehatan Dunia sudah mengumumkan dicabutnya kondisi kedaruratan Covid-19. Walaupun begitu, virus ini tetap menuai perhatian. Mengingat varian Arcturus ditenggarai menjadi penyebab meningkatnya kasus aktif Covid-19 di Indonesia pada awal Mei 2023 ini.

Makanya, jangan lupa untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga, ya! BrilioFood telah mengunggah istilah formula gurih ikan kaya rempah selama bulan Ramadan kemarin. Formula ini merupakan gabungan formula yang mengandung ikan laut dalam dan rempah – rempah.

Misalnya, ada Tuna, Tenggiri, Mahi–Mahi, Kerapu, Cakalang, Kakap putih dan lainnya memiliki keistimewaan karena kaya protein dan peptida (protein sederhana) yang mampu membuat virus tidak mampu berkembang biak.

Selain itu, ikan laut dalam kaya akan kandungan asam lemak esensial omega 3 dan omega 6, vitamin D, protein khususnya bioaktif peptida, hingga asam amino antara lain asam amino glutamat dan asam amino glutamin.

Sedangkan rempah – rempah kaya minyak atsiri yang kaya manfaat diantaranya anti peradangan dan juga kaya antioksidan sinergis. Oleh sebab itu, formula ikan kaya rempah yang diperkaya dengan cadangan Glutamat dan Glutamin dari MSG sangat tepat menjadi teman kuliner untuk memperkuat imunitas atau kekebalan tubuh. Formula ini terdiri dari kaldu ikan kaya rempah dan pekatan ikan kaya rempah.

Kaldu ikan dibuat dari daging ikan dan sedikit campuran tulang. Pertama, rendam semuanya di perasaan air jeruk nipis untuk mengurangi bau amis. Lalu, cuci bersih kembali. Selanjutnya, sayur – sayuran khas kaldu seperti bawang bombay, wortel dan seledri diiris tipis – tipis beserta rempah utama yang terdiri dari jahe, sereh, kayumanis, kapulaga dan cengkeh.

Kemudian semuanya direbus dan dimasak di suhu di bawah 100 derajat celsius atau simmering selama 30 menit. Hal ini agar zat gizinya tidak hilang dan kandungan kolagen dari tulang terekstrak sehingga memperkaya rasa dan nilai gizinya.

Nah, pekatan ikan dibuat dari dagingnya, tulang, dan bagian kepala yang bersih. Setelah itu, dihidrolisis dengan enzim bromelin dari nanas muda agar terpecah menjadi asam amino. Kemudian pekatan ikan disaring dan ditambah garam yang bisa menjadi pengawet alami dan MSG sebagai tambahan sumber asam Glutamat dan Glutamin . Pekatan ini dalam dunia pangan dikenal sebagai protein hidrolisat ikan dan menjadi bahan dasar pembuatan kecap asin, kecap manis, saus tiram, saus masak lainnya.

Secara alami, asam glutamat ditemukan dalam 10-25% dari semua protein dalam makanan. Monosodium glutamat alami bisa ditemukan di hampir semua bahan dasar makanan, terutama makanan berprotein tinggi seperti keju, daging, ikan, seafood bahkan jamur dan beberapa sayuran seperti tomat dan rumput laut.

“Glutamat dan Glutamin ibarat saudara karena dalam tubuh Glutamat langsung dapat diubah menjadi Glutamin dan asam amino lainnya yang dibutuhkan. Selain itu sebagai asam Glutamat jumlahnya dominan yaitu lebih dari 60 % dalam tubuh manusia dan juga di dalam otak manusia.” dijelaskan oleh Endang S. Sunaryo, Pengamat Gizi dan Pangan.

Cara pembuatan formula ikan kaya rempah.

1. Formula kaldu kaya rempah.

Bahan:
- 2 liter air putih.
- ½ kg ikan dan ½ kg fillet ayam (atau 1 kg ikan jika tidak ingin menggunakan ayam).
- Tulang dan bagian kepala ikan yang sudah dibersihkan (jika menggunakan ikan).
- 100 gram bawang bombay, 50 gram wortel, dan 25 gram seledri (diiris dan dicuci bersih).
- Jahe, sereh, kayumanis, kapulaga, dan cengkeh (dibungkus kain kasa atau linen atau menggunakan bubuk yang telah dihaluskan)
- Sedikit garam (2%) dan MSG (10%).

Cara membuat:
1. Masukkan semua bahan ke dalam panci atau slow cooker, dan masak dengan api kecil selama 30 menit jika hanya menggunakan ikan, atau 1-2 jam jika menggunakan ayam.
2. Setelah itu, pisahkan kaldu dan simpan di lemari es untuk penyajian kapan saja.
3. Jika ingin membuat kaldu campuran, campurkan formula kaldu 1:1 sebelum menyimpannya.

2. Formula pekatan ikan kaya rempah.

Bahan baku:
- 1 kg ikan laut dalam (Manyung, Mahi-Mahi, Bawal, Kakap Putih, dll), tanpa isi perut dan bagian kepala yang tidak layak, dikukus selama 10 menit untuk membunuh mikroba.
- 5% berat bersih nanas muda.
- Air secukupnya
- Rempah utama terdiri dari tepung jahe, tepung sereh, tepung kayumanis, tepung kapulaga dan tepung cengkeh. Jika tidak tersedia tepung rempah, dapat menggunakan bahan basah yang diiris tipis lalu dibungkus dengan kain kasa untuk dicelupkan dan dimasak bersama pekatan ikan.
- Garam secukupnya (5%) dan MSG (10 %).

Cara membuat:
1. Haluskan ikan dan nenas dengan blender atau food chopper sampai lembut seperti adonan bakso. Air dapat ditambahkan agar ikan mudah diblender.
2. Panaskan pekatan ikan yang sudah dihaluskan di atas panci atau wadah berisi air panas, lalu atur api kecil supaya media air bersuhu 50-55 derajat Celsius. Aduk pekatan agar tidak hangus. Jika sudah melarut sempurna, didihkan selama 10 menit dan dinginkan segera dengan perendaman panci berisi pekatan ikan dalam air dingin. Saring agar tidak bercampur tulang kasar.
3. Timbang berat pekatan ikan dan tambahkan rempah utama. Jika tidak tersedia, gunakan bahan basah yang diiris tipis dan dibungkus dengan kain kasa untuk dicelupkan dan dimasak sampai mendidih bersama pekatan ikan, garam, dan MSG.
4. Dinginkan sebelum disimpan dalam wadah tertutup di dalam lemari es. Siap digunakan untuk memasak aneka kuliner atau dibuat seasoning seperti kecap, saus tiram, dll.

Aneka hidangan sup dan menu ikan kaya rempah.

Agar mudah dalam penyajiannya, ikan laut dalam dapat disiapkan menjadi kaldu dan pekatan ikan kaya rempah. Kedua jenis produk ini mudah ditambahkan langsung dalam kuliner sup atau menu harian lainnya.

Nah, berikut beberapa inspirasi sup dan menu ikan kaya rempah yang telah BrilioFood himpun dari berbagai sumber, Rabu (24/5).

1. Sup Appetizer.

Gurih dan sehat, berikut 7 Ide olahan ikan ala rumahan bantu tingkatkan imunitas

foto: shutterstock.com

Olahan sup pertama yang bisa kamu recook di rumah yakni sup appatizer. Sup ini sangat cocok untuk menjaga kekebalan tubuh.

Bahan:
- Kaldu ikan kaya rempah 100 cc.
- Bawang putih goreng sesuai selera.
- Daun ketumbar iris sesuai selera.
- Air panas 150-200 cc.
- Ikan suwir (opsional).

Cara penyajian:
1. Sajikan sup dalam mangkuk.
2. Beri taburan daun ketumbar iris dan bawang putih goreng.
3. Jika diinginkan, tambahkan ikan suwir.
4. Sup siap disajikan.

2. Sup krim ikan dan udang.

Gurih dan sehat, berikut 7 Ide olahan ikan ala rumahan bantu tingkatkan imunitas

foto: shutterstock.com

Kelezatan sup krim memang tidak ada yang mampu menolaknya. Bosan dengan olahan sup krim yang itu-itu saja? Tidak ada salahnya kamu untuk mencoba variasi sup krim ikan dan udang lho.

Bahan:
- 300 gr ikan salmon, potong kecil-kecil 1.5x1.5 cm.
- 200 gr udang kupas kulit.
- 1 buah kentang rebus, dikupas kulit dan dilumatkan.
- 1 buah bawang Bombay, diiris dadu kecil.
- 5 siung bawang putih, diiris dadu kecil.
- 200 cc kaldu ikan kaya rempah.
- 100 cc pekatan ikan kaya rempah.
- 200 cc krim susu.
- 500 cc air mineral atau demineral.
- Bubuk lada, dill, bawang putih, dan pala secukupnya.
- Gula merah atau palm suiker secukupnya.
- Butter untuk menumis.
- Maizena untuk mengentalkan jika dirasa kurang kental.

Cara pembuatan:
1. Kukus ikan salmon dan udang sampai matang sekitar 10 menit setelah air mendidih.
2. Campur susu krim dengan kentang lumat dan bumbu-bumbu bubuk lainnya.
3. Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan butter sampai harum, lalu masukkan air, susu krim berisi kentang lumat, kaldu ikan, dan pekatan ikan kaya rempah. Aduk rata.
4. Masukkan ikan salmon dan udang matang. Sesuaikan rasa.
5. Sajikan selagi hangat.

3. Sup kuah Asang (Manado).

Gurih dan sehat, berikut 7 Ide olahan ikan ala rumahan bantu tingkatkan imunitas

foto: shutterstock.com

Ide olahan ikan lainnya yakni berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Menu lezat ini bernama sup kuah Asang yang berbahan dasar ikan kakap. Penasaran dengan cita rasa nya? Kamu dapat mengkreasikannya di rumah, loh.

Bahan:
- 300 gram fillet ikan Kakap merah, potong 6-7 cm.
- 300 cc kaldu ikan kaya rempah.
- 50 cc pekatan ikan kaya rempah.
- 700 cc air mineral atau demineral.
- 2 buah jeruk nipis, ambil airnya.
- Rempah segar: jahe iris, lengkuas iris @ 1 rimpang.
- Daun jeruk, daun kemangi dan cabe rawit merah secukupnya.
- 5 buah cabe merah, iris serong.
- 5 siung bawang merah, iris tipis dan goreng ½ matang.
- 3 buah tomat hijau.
- 3 buah belimbing wuluh.
- Gula merah atau palm sugar secukupnya.

Cara membuat dan penyajian:
1. Lumuri ikan Kakap yang telah dipotong dan dibersihkan dengan air jeruk nipis selama 10 menit untuk menghilangkan amis.
2. Rebus kaldu ikan kaya rempah dan pekatan ikan kaya rempah dengan air mineral atau demineral sampai mendidih.
3. Masukkan rempah segar, bawang goreng, dan ikan Kakap hingga lunak/matang.
4. Tambahkan cabe, tomat hijau, belimbing wuluh, daun kemangi, dan gula merah sambil disesuaikan rasanya.
5. Terakhir, tambahkan perasan jeruk nipis agar segar menggugah selera.
6. Sajikan dalam mangkuk selagi hangat.

4. Bubur Tinutuan (Bubur Manado).

Gurih dan sehat, berikut 7 Ide olahan ikan ala rumahan bantu tingkatkan imunitas

foto: shutterstock.com

Menu selanjutnya masih berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Olahan kali ini sedikit berbeda dari menu-menu sebelumnya, yakni Bubur Tinutuan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bubur Manado.

Bahan:
- 200 cc kaldu ikan kaya rempah.
- 100 cc pekatan ikan kaya rempah.
- 500 cc air mineral atau demineral.
- 100 gram beras.
- 2 batang sereh, dimemarkan.
- 150 gram jagung manis pipilan.
- 200 gram labu kuning, potong dadu.
- 1 ikat daun bayam.
- 1 ikat daun kangkung.
- 1/2 ikat daun kemangi.
- Bahan pelengkap: ikan jambal asin goreng dan sambal Roa.

Cara membuat dan penyajian:
1. Masak bubur terlebih dahulu dengan menggunakan air kaldu dan pekatan ikan bersama air yang dibutuhkan.
2. Masukkan sereh, jagung manis, dan labu kuning ke dalam bubur dan masak sampai lunak.
3. Tambahkan bayam, kangkung, dan kemangi ke dalam bubur, lalu aduk.
4. Sajikan bubur hangat bersama sambal Roa dan ikan jambal asin goreng.

5. Hot pot shabu-shabu.

Gurih dan sehat, berikut 7 Ide olahan ikan ala rumahan bantu tingkatkan imunitas

foto: shutterstock.com

Selanjutnya menu berikutnya yakni hot pot shabu-shabu. Olahan ini sangat cocok bagi kamu yang pecinta sayuran. Berbahan berbagai sayur segar seperti pakcoy dan wortel, hot pot shabu-shabu ini memiliki kuah yang lezat khas kaldu ikan kaya rempah.

Bahan:
- 1.5 L kaldu ikan kaya rempah.
- 150 gram pekatan ikan kaya rempah.
- Bawang putih iris yang sudah digoreng.
- Minyak wijen.
- Bumbu sukiyaki botolan (opsional).
- Gula merah atau palm suiker.
- Sayur–sayuran segar: pakcoy, wortel, lobak putih, sawi putih, brokoli.
- Jamur–jamur segar: enoki, shimeji, jamur kuping, jamur shitake.
- Tahu sutera.
- Seafood: baso ikan, baso udang, kekian, crab stick, tahu ikan, siomay dan opsional lainnya sesukanya
- Daging sukiyaki opsional.
- Telur 1 buah dikocok halus.

Cara penyajian:
1. Siapkan panci lalu tuang air, kuah kaldu kaya rasa.
2. Tambahkan pekatan ikan dan masukkan bawang putih goreng, minyak wijen, gula dan atur rasanya sesuai selera.
3. Jika sudah mendidih, masukkan telur yang sudah dikocok (opsional) agar lebih mantap kaya nutrisi dan kaya rasa.
4. Pindahkan ke panci shabu – shabu dan kuah siap dikonsumsi.
5. Pilih sayur, jamur, seafood dan daging sesukanya dan silakan memasak sendiri.

6. Hot pot rasa Tom yam.

Gurih dan sehat, berikut 7 Ide olahan ikan ala rumahan bantu tingkatkan imunitas

foto: shutterstock.com

Mirip dengan menu sebelumnya, hanya saja olahan ini memiliki rasa tom yam. Bahan-bahan yang digunakan pun mirip dengan hot pot shabu-shabu.

Bumbu tom yam:
Bumbu Tom Yam terdiri dari : Terasi ABC 6 butir, Cabe kering 10 gram yang sudah disangrai dan dihaluskan, Bawang putih 6 siung, Bawang merah 8 siung dan Ebi kering 10 gram.
- Rempah basah: lengkuas sepotong besar diiris tipis, sereh segar diambil batang bawah dan dibakar sebentar, daun jeruk segar 6 daun dan 2 jeruk nipis diambil airnya.
- Cabe rawit
- Seafood : mirip hot pot shabu – shabu tapi ditambah udang segar (opsional).

Cara penyajian:
1. Siapkan terlebih dahulu konsentrat Tom Yam dengan menyangrai bumbu Tom Yam (bisa beli) atau buat sendiri dengan menghancurkan terlebih dahulu bumbu Tom Yam dengan “food processor “ kemudian disangrai dengan minyak 2 kali volume sambal bumbu Tom Yam (60 -80cc minyak) sampai harum. Masukkan rempah basah dan cabe rawit lalu tambahkan kaldu kaya rempah dan pekatan ikan kaya rempah. Air mineral atau demineral dapat ditambahkan. Sesuaikan rasanya.
2. Pindahkan ke panci Shabu – Shabu dan kuah siap dikonsumsi.
3. Sajikan shabu – shabu dan masak sesuai kuah yang diinginkan.

7. Ikan "steam".

Gurih dan sehat, berikut 7 Ide olahan ikan ala rumahan bantu tingkatkan imunitas

foto: shutterstock.com

Olahan ikan yang terakhir yakni ikan "steam". Untuk membuat menu ini kamu bisa menggunakan ikan salmon atau kakap sebagai bahan utamanya.

Bahan:
- 200 gram ikan salmon atau ikan kakap putih.
- 50 cc kaldu ikan kaya rempah.
- 50 cc pekatan ikan kaya rempah.
- Gula merah, kecap manis, minyak wijen, wijen sangrai secukupnya.
- Daun kucai iris panjang-panjang sebagai pemanis.
- Daun ketumbar iris halus-halus sebagai pemanis.
- Bawang putih goreng secukupnya.
- 150-200 cc air mineral.

Cara penyajian:
1. Kukus fillet ikan Salmon atau Ikan Kakap putih selama 15 menit setelah air mendidih.
2. Siapkan kuah ikan dengan mencampur kaldu ikan kaya rempah, pekatan ikan kaya rempah, minyak wijen, kecap manis dan gula merah sampai larut dan bercampur sempurna, tambahkan air mineral atau demineral sesuai besaran ikan agar seluruh bagian ikan terendam. Sempurnakan rasanya.
3. Sajikan dengan menuang di atas ikan dan taburkan bawang putih goreng, kucai dan daun ketumbar. Terakhir, taburi wijen sangrai dan siap disantap.

(brl/lak)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya