Resep kunafa, hidangan penutup Arab yang khas Ramadan

Resep kunafa, hidangan penutup Arab yang khas Ramadan
foto: zalatimosweets.com

Brilio.net - Saat berbuka puasa memang paling enak menyantap berbagai hidangan. Mulai dari pembuka, makanan utama, hingga makanan penutup. Di Arab Saudi, ada hidangan wajib untuk pencuci mulut, yaitu kunafa. Hidangan manis ini menjadi favorit saat buka puasa. Kunafa sendiri dapat dibuat dengan beragam bahan yang disesuaikan dengan kesukaan masing-masing. Tiap keluarga bisa memiliki kunafa yang berbeda.

Kunafa sendiri kudapan yang bisa dimakan saat panas atau dingin. Kunafa merupakan makanan berbahan dasar tepung cair yang difermentasi. Hal tersebut diungkapkan oleh seorang koki profesional, Huda Abdelkader. Bukan cuma tepung, beberapa bahan lain juga menjadi komponen pelengkap.

"Tambahkan tiga cangkir susu dalam mangkuk dengan api sedang, dan kemudian tambahkan tiga sendok teh biasa empat dan tiga sendok teh tepung jagung," ungkap Huda seperti brilio.net kutip dari khaleejtimes.

Aduk aduk rata, lalu tambahkan empat sendok teh gula, tambahnya. "Aduk campuran lagi, dan tambahkan 1,5 bungkus segitiga keju bekatul jika mau. Campur dan pastikan tidak ada gumpalan keju, dan kemudian renggangkan dan buka 500 gram kunafa, tambahnya.

"Potong kunafa dengan gunting, lalu letakkan kunafa di food processor dan blitz sampai berubah menjadi potongan-potongan kecil," terang Huda.

Setelah itu, Huda menambahkan kunafa juga dilengkapi dengan mentega sebanyak 250 gram mentega tawar dan buat mentega ke dalam kunafa. Sebelumnya, rendam tangan dalam air dingin dan tepuk-tepuk isinya dengan merata. Tak lupa, isi kunafa untuk menambah cita rasa.

Huda Abdelkader mengatakan seseorang harus menepuk Kunafa untuk mengamankan isinya. Kemudian panggang kunafa dengan suhu lebih dari 180 derajat sampai menjadi sedikit keemasan, selama sekitar 30 hingga 45 menit."

Setelah keluar dari oven, segera tuangkan sirup gula dingin secara merata di atas Kunafa yang panas, biarkan dingin hingga suhu kamar, balikkan ke piring saji. Kemudian potong Kunafa menjadi kotak, katanya. "Jika menggunakan kismis dan kenari, taburkan lapisan rata di atas Kunafa dengan kayu manis dan gula, tutup dengan sisa setengah Kunafa, dan tekan dengan lembut."

Kunafa kemudian dapat disajikan panas, hangat, atau dingin, katanya. "Keju dapat ditambahkan atau tidak ke Kunafa, dan juga orang dapat menambahkan lebih banyak atau lebih sedikit gula atau sirup."

(brl/vin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya