Mengenal tolpit alias adrem, makanan tradisional unik khas Bantul

24 / 09 / 2019 17:46 WIB Lola Lolita

Jogja punya kuliner unik bernama Tolpit alias ‘kontol kejepit’. Tolpit merupakan campuran tepung beras, parutan kelapa, gula Jawa dan vanili. Camilan ini awalnya bernama Adrem. Namun bentuknya yang mirip alat kelamin pria membuat banyak orang lebih mengenal nama Tolpit. Beberapa waktu lalu Brilio.net mengunjungi produsen Tolpit di Sanden, Bantul. Satini, adalah produsen tolpit yang masih eksis hingga kini. Ia mengaku nama Tolpit mengangkat eksistensi Adrem.

"Kalau ada konsumen ke sini, saya bilang, 'Nggak, itu namanya tetap Adrem (bukan Tolpit). Sebenarnya kan bentuknya mirip sama apem, sama cucur, tapi nggak dijapit. Tapi ya berkat nama Tolpit itu saya bersyukur malah Adrem dari Sanden ini bisa booming ke mana-mana. Ya karena nama itu (Tolpit)" jelas Satini.

Di tempat tinggalnya Murtigading, Sanden, Bantul terdapat beberapa titik pembuatan Tolpit. Karena mereka menjadikan Tolpit sebagai unggulan di program desa. Camilan unik ini cukup merakyat sehingga bisa diterima lidah semua kalangan. Bahkan di Bantul Tolpit jadi sajian wajib saat pengadaan acara khusus.

(brl/red)

Review

Selengkapnya