1. Permen.

foto: pexels.com

Jika kamu pengidap penyakit rematik, maka kamu harus menghindari konsumsi gula tambahan secara berlebihan. Salah satu makanan yang mengandung gula tambahan adalah permen. Hal itu dikarenakan kandungan fruktosa yang tinggi akan menyebabkan nyeri pada persendian.

2. Daging merah.

foto: pexels.com

Mengonsumsi daging merah secara berlebihan juga bisa memicu kambuhnya rematik. Sebuah penelitian yang dipublikasikan Journal of Arthritis and Rheumatism, menemukan bahwa daging merah memperburuk gejala rematik. Sebagai gantinya, kamu bisa mengolah berbagai bahan protein dari nabati.

3. Daging olahan.

foto: pexels.com

Sama seperti daging merah, daging olahan seperti bakso, nugget, maupun daging cincang juga harus dibatasi untuk dikonsumsi bagi penderita rematik. Dilansir dari healthline.com, kandungan lemak jenuh di dalamnya akan memperparah rematik.

4. Gorengan.

foto: pexels.com

Dilansir dari medicalnewstoday.com, mengurangi konsumsi gorengan juga bisa menjadi solusi untuk menurunkan risiko kambuhnya rematik. Mengatur pola makan yang sehat bisa menghindarkan obesitas atau kelebihan berat badan.

5. Gandum.

foto: pexels.com

Dilansir dari healthline.com, biji gandum mengandung gluten yang cukup tinggi. Kandungan tersebut sebenarnya dapat memicu peradangan dan memperburuk pada persendian. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih biji almond atau granola yang lebih sehat.