6. Nasi cokelat.

foto: Pexels/Eva Bronzini

Nasi cokelat juga jadi alternatif pengganti nasi putih yang direkomendasikan oleh dokter ahli gizinya Nagita Slavina. Dilansir dari thenaturalnipple.com, nasi cokelat terbukti bisa bantu memperbanyak produksi ASI, lho. Di sisi lain, nasi cokelat ini juga bisa menambah energi dan mendukung diet sehat.

7. Kentang.

foto: Pexels/Pixabay

Untuk pendamping makanan tertentu, Nagita Slavina kerap pakai kentang, misalnya pada steak atau grill chicken. Dilansir dari babyment.com, kentang tinggi zat besi, kalsium, vitamin C, dan potassium yang semua dibutuhkan oleh ibu menyusui agar ASI lancar dan sehat. Kentang ini juga bisa mendukung diet sehat dan menambah energi.

8. Makanan dari gandum.

foto: Pexels/Suzy Hazelwood

Nagita Slavina sering makan olahan gandum baik roti maupun kue. Dilansir dari wachanga.com, roti gandum tinggi asam folat, zat besi, dan serat yang mampu menyehatkan tubuh saat diet di masa menyusui.

9. Mi shirataki.

foto: Pexels/cottonbro

Nagita Slavina juga kerap menggunakan mi shirataki saat bosan makan nasi. Dilansir dari healthline.com, mi shirataki ini memang cocok buat diet sehat karena kandungan seratnya yang tinggi.

10. Mi homemade.

foto: Pexels/Katerina Holmes

Nagita Slavina juga biasanya mengonsumsi olahan mi yang memang dibuat homemade, bukan olahan mi kemasan dari pabrik. Menurutnya mi homemade lebih sehat karena tak mengandung bahan pengawet, sehingga tetap aman untuk ASI dan dietnya.