Brilio.net - Selain udang, kerang juga jadi salah satu jenis seafood yang punya banyak penggemar. Ternyata, kerang pun memiliki banyak sekali jenisnya yang aman untuk dikonsumsi. Masakan andalan dari kerang biasanya adalah oseng kerang, sate kerang, kerang bakar, hingga sup kerang.

Selain itu, ada pula sejumlah restoran mewah yang menyajikan kerang segar. Untuk menghilangkan rasa amisnya, kerang akan ditambahkan dengan lemon. Nggak hanya di restoran saja, kerang juga banyak kok dijual di pedagang kaki lima. Pedagang kaki lima yang menjual seafood ini biasanya eksis di malam hari.

Buat yang senang mengonsumsi kerang dan ingin membuatnya sendiri di rumah, sebaiknya memperhatikan kebersihannya, ya. Salah mencuci kerang, bisa-bisa masih ada pasir yang tertinggal, kerang pun kerap masih berbau amis. Cara memasak yang salah juga bisa membuat teksturnya alot, lho.

Memilih jenis kerang juga penting, karena ada jenis kerang yang beracun. Namun, banyak kok kerang yang aman dimakan. Berikut sembilan jenis kerang yang aman untuk dikonsumsi, dilansir oleh Brilio Food dari berbagai sumber pada Jumat (2/7).

 

1. Kerang hijau.

foto: Instagram/@neng_icih_

Warna cangkang kerang ini sesuai namanya, yaitu hijau. Bentuknya panjang dan cenderung pipih dan halus. Kalau daging kerang hijau berwarna putih kekuningan. Kerang hijau ini tergolong banyak disukai, lho.


2. Kerang bambu.

foto: Instagram/@novita_neni

Jenis kerang yang satu ini termasuk langka. Biasanya, dapat dijumpai di Jawa Timur dan Madura. Bentuknya panjang seperti bambu seukuran ibu jari orang dewasa. Tekstur daging kerang ini mirip dengan daging udang, berwarna putih dan empuk.


3. Kerang simping.

foto: Instagram/@makananbanjar

Kerang simping juga biasanya disebut dengan kerang serimping. Bentuk cangkangnya pipih dan berpola seperti kipas. Sementara itu, daging kerang ini memiliki tekstur padat dan kenyal. Kerang simping aman untuk dikonsumsi mentah-mentah, lho.


4. Kerang darah.

foto: Instagram/@resepmudahkita

Disebur kerang darah, karena kerang ini mengeluarkan cairan berwana merah seperti darah yang merupakan hemoglobin. Dagingnya pun berwarna merah, lho. Kerang ini baik dikonsumsi oleh penderita darah rendah karena tinggi zat besi.


5. Kerang tiram.

foto: Instagram/@playboy_perut

Kerang ini juga termasuk yang populer untuk dikonsumsi, lho. Kerang satu ini ini biasa juga disajikan secara mentah. Namun, ada pula yang dimasak dengan berbagai macam saus, seperti saus tiram.


6. Kerang bulu.

foto: Instagram/@lorrydear

Sekilas kerang bulu ini mirip dengan kerang darah. Cangkangnya memiliki pola garis dan bentuknya cembung melebar. Seperti namanya, kerang ini memiliki bulu-bulu hitam kecil. Biasanya kerang ini diolah menjadi sup.


7. Kerang kepah.

foto: Instagram/@belajarmemasak1

Kerang ini biasa ditemukan di sungai-sungai atau hutan mangrove. Bentuk cangkangnya cembung dan pipih pada pinggirannya. Kerang ini biasanya juga disebut dengan kerang putih karena cangkangnya berwarna putih.


8. Kerang macan.

foto: Instagram/@pesekseafood

Kerang ini disebut macan karena corak cangkangnya yang loreng-loreng seperti macan. Biasanya kerang ini dapat dijumpai di Pantai Utara dan Selatan Jawa. Kerang ini termasuk kerang mewah, lho. Selain itu, kerang ini juga banyak diekspor ke luar negeri.


9. Kerang kijing.

foto: Instagram/@hwang_frenzdy

Kerang kijing memiliki bentuk yang pipih memanjang dengan warna cangkang cokelat kehijauan dan daging yang bertekstur keras dan cenderung alot. Namun, tetap enak jika sudah dimasak, lho. Kerang ini banyak juga dimanfaatkan untuk pembuatan kerupuk.