Diperlukan pula perantara atau alat tambahan ketika membuang minyak bekas. Salah satu pengguna TikTok dengan akun @ocwarrior19 pun membagikan triknya. Untuk mempraktikan cara ini, siapkan satu alat, yaitu aluminium foil.

foto: TikTok/@ocwarrior19

Ambil selembar aluminium foil lalu taruh di atas lubang wastafel. Tekan bagian tengahnya secara perlahan agar terbentuk cekungan.

foto: TikTok/@ocwarrior19

Kemudian tuang sisa minyak goreng ke cekungan aluminium foil tadi. Lakukan secara perlahan agar minyak bekas tidak tumpah kemana-mana. Tuang hingga tidak ada minyak goreng tersisa di wajan maupun alat penggorengan lain.

foto: TikTok/@ocwarrior19

Diamkan selama beberapa saat sampai minyak goreng dingin. Nah, minyak goreng yang sudah dingin ini akan mengeras atau berubah bentuk jadi padat. Kemudian tarik dan ambil aluminium foil, buang ke tempat sampah.

Video terkait cara membuang minyak bekas ini sontak menuai respons warganet. Semenjak diunggah pada bulan Agustus lalu, video ini sudah ditonton lebih dari 1,2 juta kali. Kolom komentar pun ramai dipenuhi ujaran penghuni TikTok lain.

 

"Just pour grease into an old coffee can. Keep pouring it in until it’s full and throw it away. (Cukup tuangkan minyak ke dalam kaleng kopi tua. Terus tuangkan sampai penuh dan buang.)" tulis akun TikTok/@LuckyCharm.

"Foil is too expensive to waste for this though (Foil terlalu mahal untuk disia-siakan untuk ini )," ujar akun TikTok/@05265.

"I use an old glass jar from pickles or spaghetti sauce or something and when it's full then I throw it away(Saya menggunakan toples kaca tua dari acar atau saus spageti atau semacamnya dan setelah penuh saya membuangnya)," ucap akun TikTok/@Trisha Nelson.

"great idea (ide yang bagus)," sahut akun TikTok/@Melissa1234.