Brilio.net - Bakso merupakan salah satu olahan daging yang paling banyak digemari. Biasanya bakso disajikan dengan kuah kaldu gurih sebagai menu makan lezat. Tambahan mi, soun, daun seledri, dan saus atau sambal bikin sajian bakso selalu bisa menggugah selera.

Menu satu ini pada dasarnya bisa dibuat dari berbagai macam daging. Tapi jenis daging yang paling sering dipakai adalah daging sapi. Bukan tanpa alasan, daging sapi memiliki cita rasa khas yang cocok untuk bakso. Selain itu, penambahan daging sapi bisa bikin tekstur bakso jadi halus dan lembut.

Salah satu ciri khas yang bikin bakso makin enak adalah teksturnya yang kenyal. Nah, bakso berbahan daging sapi juga bisa dibuat dengan tekstur yang kenyal. Biasanya beberapa orang akan menggunakan bahan kimia untuk pengenyal adonan bakso sapi ini.

Tapi sebagian yang lain justru enggan menambahkan bahan pengenyal tersebut. Sebagai gantinya, mereka akan menggunakan es batu atau air es. Bahan satu ini bisa bikin adonan bakso semakin elastis dan kenyal ketika sudah direbus.

Sayangnya, sejumlah orang justru tidak selalu menyediakan es batu atau air es di kulkas. Sedangkan untuk membuatnya butuh waktu yang cukup lama. Hal inilah yang membuat sebagian orang enggan membuat bakso sendiri di rumah.

Padahal tahu nggak sih? Sebenarnya ada trik yang bisa dilakukan untuk mengganti es batu tersebut. Seorang pengguna YouTube bernama Rita Umila pernah membagikannya melalui salah satu video yang diunggah. Dia mengaku bakso buatannya bisa tetap kenyal walau tanpa menggunakan es batu.