Brilio.net - Cempedak merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Sekilas, tampilan buah satu ini mirip dengan nangka. Bedanya, cempedak memiliki ukuran yang lebih kecil daripada nangka. Cempedak sendiri memiliki cita rasa yang manis dan gurih, serta tekstur lembut. Tak salah jika banyak orang menggemarinya.

Selain lezat, cempedak juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dilansir dari healthline.com, cempedak memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh serta mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan banyak manfaat tersebut, nggak bakal rugi jika rutin mengonsumsi cempedak.

Berbeda dengan nangka yang sering diolah jadi camilan manis, cempedak justru dapat diolah menjadi lauk pauk hingga camilan gurih. Mulai dari cempedak goreng, tumis cempedak, hingga campuran aneka kue yang enak. Meskipun bisa dibuat menjadi beragam hidangan, namun masih banyak orang yang berpikir dua kali saat akan mengolahnya.

Hal ini dikarenakan, kulit cempedak penuh dengan getah yang jadi tantangan tersendiri saat mengupasnya. Jika asal-asalan saat mengupasnya, tentu getah akan menempel pada tangan maupun pisau yang akan digunakan. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara mengupas cempedak agar terhindar dari getah. Buat yang masih bingung, kamu meniru video yang dibagikan channel 'Ivdomiko Channel'.