Trik mudah mengupas nangka muda agar getahnya hilang dan tak lengket

Trik mudah mengupas nangka muda agar getahnya hilang dan tak lengket
foto: YouTube/ M Semproel

Brilio.net - Nangka muda atau yang biasanya dikenal dengan sebutan gori merupakan bahan utama dalam pembuatan gudeg. Tak hanya gudeg, nangka muda juga bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan yang menggugah selera lainnya. Ada banyak olahan nangka muda yang mudah dibuat, seperti sayur tewel, sayur nangka bumbu Bali, hingga gulai.

Bukan hanya lezat, namun nangka muda juga mengandung banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Dilansir dari healthline.com, nangka muda mengandung tinggi serat yang dipercaya dapat memperlancar sistem pencernaan dan membersihkan organ dalam untuk mencegah kanker usus. Meskipun begitu, masih banyak orang yang berpikir dua kali untuk mengolah nangka muda.

Sudah menjadi rahasia umum, jika nangka muda memiliki getah yang banyak. Tak jarang, saat mengupas nangka, getah tersebut membuat telapak tangan hingga pisau menjadi lengket. Belum lagi, bagian nangka muda yang sudah dikupas berubah warna menjadi kecokelatan jika didiamkan begitu saja.

Namun, untuk meminimalisir hal itu terjadi, kamu bisa meniru trik mengupas nangka muda seperti yang dibagikan channel YouTube/M Semproel. Lewat video yang diunggahnya, pemilik channel tersebut menunjukkan cara mengupas nangka muda yang benar. Dengan cara ini getah pada nangka muda menjadi hilang, sehingga tidak menimbulkan lengket di tangan maupun pisau yang digunakan.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya