Dilansir BrilioFood dari YouTube Plat H Kreatif pada Senin (5/2), ada tiga bahan dapur yang dipakai, yakni kedua jenis bawang-bawangan, lada bubuk, dan cuka makan. Pertama, kupas terlebih dahulu kulit kedua jenis bawang yang dipakai. Kalau sudah, ulek sampai kedua jenis bawang teksturnya halus, masukkan dalam wadah.

“Kedua jenis bawang ini bisa bikin tikus merasa perih saat didekatnya. Kayak kita jadi nangis kalau ngiris bawang,” ungkap pemilik video.

foto: YouTube/Plat H Kreatif

Jika sudah, masukkan lada bubuk ke dalam wadah tersebut. Sebelum diaduk, ia juga menambahkan pasta gigi sebagai campuran ramuan pengusir tikus. Menurutnya, kandungan mint dalam pasta gigi sangat tidak disukai oleh tikus.

“Ini aroma bawang sama ladanya udah kuat banget, kita tambah mint dari pasta gigi biar segar dan nggak disukai tikus,” ucapnya.

foto: YouTube/Plat H Kreatif

Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur sempurna. Terakhir, ada satu bahan dapur lagi yang dimasukkan ke dalam wadah, yakni cuka makan. Nggak perlu banyak-banyak, cukup tambahkan beberapa tetes cuka saja.

“Ini fungsinya adalah untuk memperkuat dari aroma-aroma yang ada di ramuan ini,” jelasnya.

foto: YouTube/Plat H Kreatif

Aduk-aduk lagi lalu ramuan pengusir tikus bisa langsung digunakan. Caranya, taruh wadah ramuan tikus di area yang sering dilalui tikus. Tampak dalam video, ia menaruh di kolong meja dan di sela-sela kompor. Karena aroma bahan-bahan yang dipakai tercium kuat, tikus tidak akan mendekat dan akhirnya pergi dari rumah.

foto: YouTube/Plat H Kreatif