Menurut warganet akrab disapa Fitriani ini, sebaiknya adonan peyek jangan dibuat menggunakan tepung terigu, melainkan jenis tepung lain. Pasalnya, kalau pakai terigu, hasil gorengan peyek jadi kurang renyah dan nggak tahan lama, lho. Jadi, jenis tepung yang dimaksud ada dua, yakni tepung beras dan tepung tapioka.

Masukkan tepung beras dan tapioka di dalam wadah. Selanjutnya, tambahkan telur, santan, air, garam, dan bumbu halus. Pemilik akun TikTok @fi3_an1 menggunakan bumbu halus dari campuran bawang putih, kemiri, kencur, daun jeruk, serta ketumbar. Aduk sampai semua bahan tercampur rata dan tak ada tepung menggumpal.

"Untuk kekentalannya sedang aja ya, jangan terlalu encer. Karena kalau terlalu encer (saat) digoreng (akan) banyak yang berserak di minyaknya. Kalau terlalu kental nanti terlalu tebal hasil peyeknya," jelas Fitriani.

foto: TikTok/@fi3_an1

Sebelum digoreng, adonan bisa ditambahkan dengan isian, baik kacang, teri, atau bahan lain sesuai selera. Setelah itu, panaskan minyak agak banyak di dalam wajan. Kemudian, goreng adonan peyek hingga matang dan kecokelatan. Jangan lupa untuk membolak-balik peyek saat digoreng sesekali supaya matang merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan peyek.

foto: TikTok/@fi3_an1

Gimana, hasil olahan peyek ala Fitriani ini kelihatan bagus, kan? Mengintip kolom komentar di video milik TikTok @fi3_an1 yang sudah ditonton 61 ribu kali, tak sedikit warganet meninggalkan komentar antusias seputar trik mengolah peyek ini, lho.