Tak perlu kapur sirih dan baking soda, ini trik bikin adonan rempeyek yang renyah pakai 1 jenis tepung

Tak perlu kapur sirih dan baking soda, ini trik bikin adonan rempeyek yang renyah pakai 1 jenis tepung
foto: YouTube/@nelipunyavlog

Brilio.net - Rempeyek merupakan makanan yang dikenal mirip kerupuk karena teksturnya renyah dan berbentuk tipis. Baik kerupuk maupun rempeyek memang dibuat dari bahan dasar tepung. Namun karena jenis tepungnya berbeda, bentuk dan teksturnya juga memiliki perbedaan.

Jika biasanya kerupuk dibuat dengan campuran bahan lain, rempeyek justru hanya dibuat dengan bahan dasar tepung saja. Penambahan bahan pada pembuatan rempeyek biasanya hanya bertujuan untuk meningkatkan cita rasa, seperti garam, kaldu bubuk, dan santan.

Selain menambahkan bahan untuk menambah cita rasa, ada juga sebagian orang yang turut menambahkan bahan perenyah. Biasanya bahan perenyah ini didapat dari kapur sirih atau baking soda. Jadi, adonan rempeyek akan dicampur dengan salah satu dari kedua bahan tadi supaya hasilnya makin krispi tahan lama.

Namun tahu nggak sih? Air kapur sirih dan baking soda ini juga bisa memberikan efek lain, lho. Jika ditambahkan dengan takaran yang kurang tepat, biasanya adonan rempeyek akan terasa pahit. Tentu hal tersebut bisa menurunkan cita rasa rempeyek ketika sudah siap disantap.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan alternatif lain jika ingin merenyahkan rempeyek. Seorang pengguna YouTube @nelipunyavlog pernah membagikan trik sederhana dalam membuat rempeyek. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan bahan lain sebagai perenyah adonan rempeyek.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya