Tanpa tepung beras, begini cara membuat adonan rempeyek makin renyah dan tak bikin minyak kotor

Tanpa tepung beras, begini cara membuat adonan rempeyek makin renyah dan tak bikin minyak kotor
YouTube/noer aenie

Brilio.net - Pada umumnya, rempeyek dibuat dari bahan dasar tepung beras. Penggunaan tepung beras ini akan menghasilkan tekstur tipis dan renyah, khas rempeyek. Selain itu, tepung beras juga berfungsi sebagai pengikat bahan isian pada rempeyek agar bisa menyatu dengan baik.

Peran tepung beras pada pembuatan rempeyek memang sangat penting. Sampai-sampai, banyak orang mengaku tidak bisa membuat rempeyek jika nggak ada stok tepung beras di rumah. Padahal tahu nggak sih, rempeyek yang renyah pada dasarnya bisa dibuat dengan jenis tepung lain.

Seorang pengguna YouTube noer aenie pernah membagikan resep sederhana membuat rempeyek. Namun uniknya, dia tidak menggunakan tepung beras seperti resep rempeyek pada umumnya. Pengguna YouTube tersebut justru menggunakan tepung terigu.

Dibandingkan tepung beras, tepung terigu cenderung lebih mudah didapat. Selain itu, tepung terigu menjadi salah satu bahan makanan yang wajib ada di dapur sebagai stok. Tepung terigu sendiri memang kerap dipakai untuk membuat berbagai jenis gorengan.

Tapi banyak orang menganggap tepung terigu nggak cocok dipakai untuk adonan rempeyek. Padahal jika tahu triknya, adonan tepung terigu ini bisa bikin tekstur rempeyek jadi lebih renyah, lho. Nggak cuma itu, minyak goreng bekas yang dipakai juga bisa lebih bersih jika adonannya menggunakan tepung terigu.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya