Tanpa santan dan kapur sirih, ini cara goreng peyek kacang agar gurih dan renyah tahan lama

Tanpa santan dan kapur sirih, ini cara goreng peyek kacang agar gurih dan renyah tahan lama
YouTube/Ika Mardatillah

Brilio.net - Jenis gorengan tampaknya tak akan cukup jika hanya dihitung pakai dua tangan, karena beragam banget. Mulai dari gorengan dengan cita rasa gurih, manis, sampai pedas, semua ada. Salah satu gorengan paling disukai sudah pasti peyek, sebab rasanya gurih dan renyah maksimal saat digigit.

Di samping itu, peyek bisa disantap sebagai camilan begitu saja maupun jadi pelengkap hidangan seperti pecel, gado-gado, nasi uduk, soto, dan lain sebagainya. Peyek juga bisa dibuat pakai isian yang bermacam-macam, seperti ebi, ikan teri, kacang hijau, sayuran, dan yang paling populer yakni kacang tanah.

Namun, masih banyak orang gagal mengolah adonan peyek, sehingga hasilnya kurang gurih dan renyah. Nah, biasanya orang-orang mengakalinya dengan menambahkan santan maupun kapur sirih pada adonan. Tapi, kalau tak punya bahan-bahan tersebut, jangan bingung dulu, karena kamu bisa mencoba cara yang dibagikan oleh warganet bernama Ika.

Ia mengaku, meski tanpa santan dan kapur sirih, gorengan peyek miliknya tetap bisa gurih dan renyah abis, lho. Kuncinya dengan mengatur jenis bahan dan takaran yang dipakai untuk membuat adonan peyek. Di sisi lain, cara menggorengnya juga nggak bisa sembarangan, nih. Lantas, gimana sih caranya?

"Ini dia peyeknya udah dapat sekitar 2 harian masih tetap renyah, tuh, renyah banget. Ini aku cobain ya, renyah banget, guys," ungkapnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Ika Mardatillah pada Selasa (25/7).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya