Trik goreng jengkol supaya tetap empuk meski sudah dingin, cukup tambah 1 bahan

Trik goreng jengkol supaya tetap empuk meski sudah dingin, cukup tambah 1 bahan
YouTube/IRYANG Channel

Brilio.net - Jengkol dikenal sebagai makanan dengan aroma yang menyengat. Bukan tanpa alasan, bahan makanan satu ini mengandung senyawa sulfur bernama jengkolic acid (asam jengkolat). Nah, senyawa inilah yang menghasilkan aroma tak sedap seperti bau pesing menyengat.

Walaupun punya aroma kurang sedap, namun nyatanya ada banyak orang justru gemar mengonsumsi jengkol, lho. Dari segi rasa, jengkol memang enak dan gurih. Selain itu, teksturnya yang empuk juga memberikan sensasi tersendiri.

Sayangnya, perlu proses pengolahan khusus untuk menghasilkan jengkol yang empuk. Saat masih mentah, jengkol bertekstur sangat keras. Sebagian besar orang lantas memilih merebusnya dalam waktu yang lama, bahkan hingga 30-40 menitan.

Untuk mempersingkat durasi perebusan, ada juga yang memilih menggorengjengkol. Meskipun lebih singkat dan hemat gas, namun jengkol goreng ternyata cenderung nggak empuk tahan lama. Saat sudah dingin, tekstur jengkol akan mengeras dan kurang lezat saat disantap.

Tapi tak perlu khawatir, kamu bisa meniru sebuah trik yang dibagikan oleh pengguna YouTube IRYANG Channel. Melalui salah satu video YouTube Shorts yang diunggah, dia mengaku memiliki trik tersendiri saat menggoreng jengkol. Trik ini dapat membuat jengkol empuk dalam waktu yang lama, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya