Tanpa santan, begini trik bikin adonan rempeyek agar semakin renyah dan tak cepat tengik

Tanpa santan, begini trik bikin adonan rempeyek agar semakin renyah dan tak cepat tengik
YouTube/Santo Sapi

Brilio.net - Rempeyek pada dasarnya dibuat dari tepung beras. Jenis tepung ini bisa membuat tekstur adonan rempeyek jadi tipis dan renyah. Saking tipisnya, rempeyek bahkan kerap dijadikan sebagai pengganti kerupuk saat makan berat.

Selain penggunaan tepung beras, kini banyak orang pun mengkreasikan adonan rempeyek dengan berbagai macam bahan. Misalnya dengan tambahan santan sebagai pengganti air. Bahan satu ini disebut-sebut bisa membuat rasa rempeyek jadi semakin gurih dan teksturnya juga renyah.

Walaupun begitu, santan juga bisa menyebabkan efek lain, lho. Salah satunya bikin rempeyek jadi cepat bau tengik saat disimpan. Memang pada dasarnya, penggunaan santan menyebabkan sejumlah bahan makanan (seperti rempeyek) ini cepat basi. Oleh sebab itu, tidak disarankan pakai santan nih jika kamu hendak membuat rempeyek sebagai stok camilan di rumah.

Sebagai gantinya, kamu bisa meniru trik meracik adonan rempeyek yang dibagikan oleh pengguna YouTube Santo Sapi. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku membuat rempeyek berdasarkan resep turun temurun dari sang nenek. Nah, adonan rempeyek ini tidak diberi tambahan santan. Namun dia menggunakan bahan lain supaya lebih renyah.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya