Tanpa tepung beras, ini trik bikin bakwan sayur mangkuk tebal, tetap renyah, dan gurih tahan lama

Tanpa tepung beras, ini trik bikin bakwan sayur mangkuk tebal, tetap renyah, dan gurih tahan lama
YouTube/Ayu Andani

Brilio.net - Ada banyak jenis bakwan yang bisa dibuat dengan berbagai macam bahan. Kamu bisa memilih pakai isian sayur, udang, mi, jagung, dan bahan lain. Selain bahan, bentuk bakwan juga bisa dikreasikan sesuai selera, lho. Salah satunya dibentuk bulat menyerupai mangkuk.

Untuk menghasilkan bakwan mangkuk, biasanya perlu cetakan khusus. Namun ada juga yang menggunakan sendok sayur stainless, yang notabene punya bentuk serupa.

Namun selain cetakan, ada hal lain yang perlu diperhatikan saat membuat bakwan mangkuk ini, yakni adonannya. Berbeda dari adonan bakwan biasa, bakwan mangkuk cenderung dicetak dengan adonan yang tebal. Nah, karena teksturnya harus tebal, perlu bahan khusus supaya hasil bakwan bisa renyah tahan lama.

Sebagian orang biasanya akan menambahkan bahan khusus seperti tepung beras untuk membuat bakwan mangkuk. Bahan satu ini dianggap mampu meningkatkan tekstur bakwan jadi semakin renyah. Namun begitu, bakwan mangkuk tetap bisa dibuat renyah walau tanpa tepung beras, lho.

Seorang pengguna YouTube Ayu Andani pernah membagikan trik membuat bakwan mangkuk tebal. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan sayuran sebagai bahan utamanya. Oleh sebab itu, bentuknya pun jadi sangat padat.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya