Tak perlu dihaluskan dulu, begini cara membuat bakwan jagung renyah dan antiambyar walau tanpa tepung

Tak perlu dihaluskan dulu, begini cara membuat bakwan jagung renyah dan antiambyar walau tanpa tepung
foto: YouTube/FyaGie

Brilio.net - Bakwan pada dasarnya merupakan gorengan yang bisa dibuat dari berbagai macam bahan, salah satunya adalah jagung. Bakwan jagung termasuk jenis bakwan yang jadi favorit banyak orang. Bagaimana tidak, tekstur bakwan yang renyah berpadu dengan rasa manis alami dari jagung bisa memberikan sensasi tersendiri saat menyantapnya.

Seperti yang disebutkan, bakwan jagung ini dibuat dengan bahan dasar jagung. Namun selain itu, ada juga tepung terigu yang harus ditambahkan supaya adonan bakwan jagung tidak mudah ambyar. Nggak cuma itu, tepung juga bisa membuat tekstur bakwan jadi lebih renyah, lho.

Walau fungsinya sangat penting, tapi penggunaan tepung ini justru membuat sebagian orang berpikir dua kali saat hendak menyantap bakwan. Sejumlah orang yang tengah diet atau memiliki alergi tertentu cenderung menghindari konsumsi tepung. Oleh sebab itu, mereka menggunakan alternatif lain saat hendak membuat bakwan jagung ini.

Salah satu cara yang sering dilakukan adalah dengan menghaluskan jagung. Tekstur jagung yang halus disebut-sebut bisa menggantikan tepung. Dengan begitu, adonan bakwan nggak mudah ambyar dan hancur saat digoreng.

Namun perlu diketahui bahwa menghaluskan jagung ini bisa bikin bakwan mudah lembek jika sudah dingin, lho. Sebagai gantinya, kamu bisa meniru resep bakwan jagung yang dibagikan oleh pengguna YouTube FyaGie. Melalui salah satu video yang diunggah, dia menjelaskan lebih lanjut tentang bahan yang dibutuhkan untuk merenyahkan bakwan sekaligus membuat adonannya antiambyar.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya