Tanpa tepung beras dan telur, ini cara bikin bakwan jagung makin gurih dan renyah tahan lama

Tanpa tepung beras dan telur, ini cara bikin bakwan jagung makin gurih dan renyah tahan lama
YouTube/Nuraaini Soewarto

Brilio.net - Siapa sih yang nggak suka bakwan jagung? Jenis gorengan satu ini rasanya lezat dan bikin nagih. Rasa jagung manis semakin enak dipadukan dengan adonan tepung yang bikin teksturnya makin renyah. Nggak heran kalau banyak orang gemar mengonsumsi bakwan untuk camilan maupun lauk.

Dilihat dari proses pembuatannya, bakwan jagung ini dibuat dari jagung yang dicampur dengan tepung terigu, air, dan aneka bumbu. Selain itu, ada juga yang menambahkan sejumlah bahan lain untuk meningkatkan tekstur bakwan makin renyah, misalnya tepung beras. Penggunaan tepung beras dipercaya bisa bikin tekstur bakwan semakin renyah.

Selain tepung beras, beberapa orang juga biasa menggunakan telur. Bahan satu ini bisa menambah tekstur sekaligus merekatkan adonan agar tidak mudah ambyar. Oleh sebab itu, banyak orang mengandalkan telur.

Namun tahu nggak sih, sebenarnya bakwan jagung tetap bisa dibuat tanpa tambahan dua bahan tersebut, yakni tepung beras dan telur. Seorang pengguna YouTube bernama Nuraaini Soewarto pernah membagikan tutorial membuat bakwan jagung tanpa telur dan tepung beras. Walau begitu, hasil bakwan tetap renyah dan kriuk, lho.

"Bakwan jagung, di luarnya itu krispi banget dan di dalamnya lumer. Cocok juga untuk ide menu sehari-hari atau sekadar camilan," ujar YouTube Nuraaini Soewarto.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya