Bukan ditambah air, ini trik atasi nasi yang belum matang pakai 1 bahan

Bukan ditambah air, ini trik atasi nasi yang belum matang pakai 1 bahan
YouTube/@fitrifajarwati99

Brilio.net - Menanak nasi di rice cooker jadi cara praktis yang dipilih banyak orang. Cukup masukkan beras dan air, kamu tinggal pencet tombol "cook" untuk memasaknya. Biasanya nasi akan matang setelah dimasak selama 30-45 menit.

Namun seperti proses memasak pada umumnya, ada sejumlah insiden yang bisa bikin nasi gagal matang meskipun dimasak di rice cooker. Salah satunya saat hasil nasi masih keras karena kurang matang. Usut punya usut, hal tersebut bisa disebabkan karena takaran air yang digunakan kurang, lho.

Nasi yang kurang matang biasanya masih berbentuk butiran beras. Saat dimakan, teksturnya keras dan terasa hambar. Kalau sudah begini, nasi pun jadi nggak enak dimakan.

Sebagai solusinya, sebagian orang sengaja menambahkan air ke dalam rice cooker sembari menanak nasi. Setelah itu, rice cooker ditutup dan nasi pun dimasak kedua kalinya.

Namun, ada cara yang lebih praktis untuk mengatasi nasi yang masih kering atau belum matang selain menuangkan air, nih. Cara ini dibagikan oleh pengguna TikTok @faghafawa saat ia menanak nasi kuning pakai rice cooker.

"Tips dari mak aku, kalau nasi mengkal or nasi tak masak buat je camni. Buat je ulang2 sampai nasi masak helok tau. (Tips dari ibukku, kalau nasi belum masak seperti ini. Dimasak lagi aja biar nasinya jadi pulen)," jelasnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @tokosepatusandalonelove pada Selasa (27/6).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya