Tanpa teh dan daun jambu biji, ini trik agar telur pindang cokelat pekat meski tak didiamkan semalaman

Tanpa teh dan daun jambu biji, ini trik agar telur pindang cokelat pekat meski tak didiamkan semalaman
YouTube/Mama Azka Kitchen

Brilio.net - Ada banyak lauk protein yang bisa didapat dengan mudah. Telur ayam salah satunya. Bahan makanan ini mengandung protein tinggi. Dilansir dari webmd.com, protein pada ayam merupakan sumber asam amino yang baik. Di sisi lain, tubuh manusia membutuhkan asam amino untuk membangun jaringan otot agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Nggak heran jika kemudian banyak orang mengonsumsi telur sebagai lauk harian. Telur memang bisa dimasak jadi berbagai macam menu, salah satunya dipindang. Berbeda dari pindang pada umumnya, pindang telurcenderung berwarna cokelat karena dibuat dengan campuran kecap dan gula merah.

Pindang telur kerap disajikan sebagai lauk pelengkap gudeg. Warnanya yang cokelat memang merupakan ciri khas tersendiri, semakin lezat dan menggugah selera. Nggak heran kalau banyak orang senang makan olahan telur satu ini.

Tapi untuk menghasilkan pindang telur berwarna cokelat, ada beberapa bahan khusus yang perlu disiapkan. Sebagian orang biasanya menggunakan teh saat merebus pindang telur ini. Ada juga yang menggunakan daun jambu biji untuk menghasilkan warna cokelat alami.

Sayangnya, warna cokelat yang dihasilkan dari kedua bahan tadi cenderung kurang pekat. Alhasil, pindang telur harus didiamkan semalaman agar warnanya makin cokelat. Hal ini bikin proses pembuatan pindang telur jadi lebih panjang dan lama.

Tapi tak perlu khawatir, kamu bisa mempersingkat waktu pembuatan pindang telur, lho. Seorang pengguna YouTube dengan akun Mama Azka Kitchen pernah membagikan trik membuat pindang telur yang warnanya cokelat pekat walaupun tidak direndam semalaman. Usut punya usut, dia menggunakan bahan lain sebagai pewarna alami.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya